English English Indonesian Indonesian
oleh

Film “Mangku Pocong”, Film Horor Berbalut Misteri yang Terinspirasi dari Kuliner Laris

FAJAR, MAKASSAR-PH Virgo Putra Films meluncurkan karya terbarunya, “Mangku Pocong,” yang menghadirkan horror berbalut misteri dengan sentuhan ethnograf. Kisahnya terinspirasi dari penjual nasi goreng di Jawa Tengah yang laris, dengan asumsi masyarakat mengaitkannya dengan pesugihan Mangku Pocong.

“Tahun 2024 Virgo mendapuk sineas Chiska Doppert kembali dengan horror yang beda, penuh misteri berbalut ethnograf berjudul Mangku Pocong, ” jelas Koh Ferry mengawali.

Mangku Pocong terinspirasi dari kisah nyata
penjual nasi goreng di daerah Jawa Tengah yang laris, kiosnya tidak pernah sepi dari pembeli, rasa masakannya yang enak dan khas menjadi daya pikat orang-orang dan ketagihan jadi pelanggan setia.

“Konon kalau masakannya Itu di bungkus (take away) rasa masakan dipastikan tidak sama saat masakannya disantap di tempat,” tulis sutradara, Chiska.

Dari kejadian -kejadian Itu ada yang menghubung-hubungkan dengan kecurigaan alias menduga akan ritual dari si tukang nasi goreng tersebut dengan pesugihan Mangku Pocong ditambah lagi dengan cara memasak si pembuat nasi goreng yang tidak pernah beranjak dari duduknya.

Hingga tukang nasi goreng itu di juluki nasi goreng pocong. Namun kisah aslinya ini memang tidak bisa kita ambil kesimpulan bahwa dia benar-benar melakukan pesugihan.

Itu semua hanya asumsi masyarakat saja yang menghubung-hubungkan saja.

“Menarik, bukan? Dari kisah itulah, saya terinspirasi untuk menvisualisasikan dalam bahasa gambar yang pastinya bikin merinding, ” lanjut Chiska menambahkan.

News Feed