English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen UMI Olah Buah Pisang Jadi Makanan Instan

FAJAR, MAROS– Tim dosen pengabdian Universitas Muslim Indonesiq melakukan pengolahan buah pisang menjadi makanan instan siap saji. Tim pengabdi ini di ketuai oleh Selpida Handayani dengan anggota tim Aminah dan Farizah Dhaifina Amran berlokasi disalah satu desa pengabdi UMI yaitu desa Pucak, Kabupaten Maros.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Pucak Kabupaten Maros sejak Juli hingga November 2023 bersama dengan mitra yang merupakan kelompok petani pisang. Dalam kegiatan ini tim Dosen pengabdi Internal UMI memberikan pembekalan dengan menambah wawasan pengalaman teknis, keterampilan kerja, manajerial, dan secara khusus mempelajari serta menganalisis pengelolaan perawatan tanaman dan buah pisang.

Beberapa permasalahan yang ditemui dilapangan, mengakibatkan buah pisang harus dipanen dalam kondisi belum matang. Sehingga perlu ada alternatif semacam produk yang bernilai gizi dan tahan lama sehingga dapat dikonsumsi dimana saja dan kapan saja serta membantu program pemerintah kabupaten Maros dalam menyediakan kuliner halal.

“Buah pisang yang dipanen dalam kondisi belum matang, perlu diolah menjadi semacam produk yang bernilai gizi, tahan lama sehingga dapat dikonsumsi dimana saja dan kapan saja,” kata Selpida, Sabtu (04/11/2023). (edo)

News Feed