English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi Pelindo Regional 4 Lakukan Bersihkan Sungai di Kaluku Bodoa

FAJAR, MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 bersama Socialimpact.id, Planet Heros, Pemerintah dan masyarakat Kelurahan Kaluku Bodoa melakukan kegiatan bersih-bersih sungai sebagai langkah positif dalam menjaga lingkungan dan mencegah potensi banjir.

Kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), lembaga sosial, pemerintah, dan masyarakat yang menjadi contoh nyata bagaimana berbagai pihak dapat bersatu demi kebaikan lingkungan dengan partisipasi sekitar 70 orang dan pengangkutan sampah kurang lebih sebanyak 1.000 kg ini berlangsung pada Sabtu, 28 Oktober 2023.

Suryadi, Lurah Kaluku Bodoa mengatakan bahwa kegiatan Bersih-bersih Sungai ini tidak hanya membersihkan sungai secara fisik. Tetapi juga menyampaikan pesan tentang pentingnya kerja sama dalam menjaga lingkungan.

“Inisiatif ini juga memiliki dampak positif yang signifikan, terutama dalam memitigasi risiko banjir di sekitar Kelurahan Kaluku Bodoa,” ucap Suryadi.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam menuturkan, upaya pencegahan sebelum musim hujan dengan membersihkan sungai secara preventif sangat penting. Dengan demikian, potensi penyumbatan yang dapat memicu banjir dapat diminimalkan.

“Tindakan ini tidak hanya mengurangi risiko banjir, tetapi juga menjadi kesempatan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kesiapan dalam menghadapi perubahan cuaca,” ujar Basri.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kelurahan Kaluku Bodoa agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya. “Dengan menanamkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan menjaga sungai, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk terlibat lebih aktif dalam upaya perlindungan lingkungan dan pencegahan bencana,” sambungnya.

News Feed