English English Indonesian Indonesian
oleh

Majukan Sektor Pertanian, Pemda Lutim Berikan Bantuan Alsintan Kepada 69 Kelompok Tani

MALILI, FAJAR — Pertanian menjadi sektor yang paling menjanjikan di masa depan. Menjadikannya unggulan, akan membawa kesejahteraan. Makanya, Pemda Lutim memberikan perhatian lebih ke sektor ini. Bagaimana daerah Bumi Batara Guru tidak sekadar mengandalkan sektor pertambangan saja.

Namun, menjadikan sektor pertanian lebih unggul di masa mendatang. Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan, untuk mendorong pertanian yang unggul, ke depannya anggaran untuk Dinas Pertanian ditingkatkan. Dengan begitu, banyak program yang bisa dilaksanakan untuk kemajuan pertanian.

Katanya, Bumi Batara Guru surplus beras. Hasil pertanian dan perkebunannya juga melimpah. Sisa bagaimana untuk terus melakukan inovasi agar hasilnya jauh lebih baik. Misalnya, menjadikan setiap beras dari Lutim itu premium. “Terkait dengan bantuan Alsintan ini, saya hanya berharap ini dimanfaatkan dengan baik dan dirawat dengan baik. Sehingga tidak dalam keadaan rusak jika ingin digunakan lagi,” pesan Bupati sembari melempar senyum.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketanahan Pangan, Amrullah Rasyid mengatakan, di saat covid-19, sektor pertanian tidak terganggu sama sekali. Hal ini menunjukkan, bagaimana pertanian sangatlah menjanjikan. “Karenanya, Bapak Bupati menginginkan sektor pertanian ini dimajukan. Teknologinya dikembangkan. Petaninya dibantu dan terus dibekali ilmu pengetahuan,” kata Amrullah saat ditemui usai kegiatan penyerahan Alsintan kepada kelompok tani di Aula Dinas Pertanian, Senin (23/10/2023).

Dinas Pertanian menyerahkantraktor roda sebanyak 27 unit dan hand sprayer 220 unit. Bupati Luwu Timur, Budiman yang menyerahkan Alsintan ini secara simbolis kepada kelompok tani. “Jadi satu kelompok tani itu jumlahnya ada 20-25 orang. Artinya, penerima manfaat alsintan sekitar 540 orang hingga 600 orang karena ada 27 kelompok. Ini baru bantu alsintan dari APBD pokok,” ungkap Amrullah.

News Feed