English English Indonesian Indonesian
oleh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar Grebek Pasar

FAJAR, MAKASSAR — Guna mengedukasi masyarakat pekerja informal seperti pedagang untuk mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Makassar menggelar kegiatan grebek pasar di Pasar Pabaeng-baeng, Kamis, 12 Oktober 2023.

Diketahui, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud peran aktif BPJS Ketenagakerjaan Makassar dalam menjaring kepesertaan baru di sektor pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar mendatangi secara langsung kios-kios para pedagang yang ada di pasar sehingga manfaat yang disampaikan lebih jelas dan terarah. Selain itu juga tersedia mobil pelayanan keliling sebagai fasilitas pendaftaran kepesertaan, cetak kartu, maupun informasi tentang manfaat dan program.

Kegiatan grebek pasar telah terlaksana di tiga pasar yang ada di Makassar. Yaitu Pasar Terong, Pasar Panakukkang, dan hari ini di Pasar Pabaeng-baeng. Pada kegiatan grebek pasar ini, Agen Perisai (Penggerak Jaminan Sosial) juga turut hadir memberikan edukasi dan membantu proses pendaftaran.

Di tempat yang berbeda, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar, I Nyoman Hary Sujana memaparkan, bahwa bagi pedagang atau pekerja informal minimal terdaftar dalam dua program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp16.800 per bulan per orang.

Jaminan Kecelakaan Kerja memberikan manfaat layanan yaitu biaya transportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit dan pengobatan sampai dengan sembuh tanpa batas biaya sesuai dengan indikasi medis.

News Feed