English English Indonesian Indonesian
oleh

Peringati Maulid Nabi, Direktur UT Makassar Ajak Kedepankan Pendidikan Karakter

FAJAR, MAKASSAR
Civitas Akademika Universitas Terbuka (UT) Makassar menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan penuh hikmah, di Ruang Tutorial UT Makassar, Rabu 4 Oktober 2023.

Direktur UT Makassar, Prof Dr Abdul Rahman Rahim, dalam sambutannya, menyebutkan dua hal yang menjadi inti sekaligus pesan penting dalam peringatan maulid dengan tema, “Maulid Nabi Muhammad SAW Sebagai Sumber Inspirasi untuk Pendidikan Moral dan Etika”.

Pertama, menunjukkan cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan berusaha meneladani akhlak beliau terhadap sesama makhluk Allah. “Kedua, meneladani sifat beliau begitu juga rasul lainnya yaitu sebagai seseorang yang FAST (Fathonah, Amanah, Siddiq dan Tabligh),” kata Prof Rahman.

Dalam kegiatan sehari-hari sebagai insan akademik, UT menerapkan nilai-nilai ini dalam setiap aspek kehidupan kampusnya. Dosen, mahasiswa, dan seluruh staf kampus berusaha meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad.

“Menjadikan kejujuran, keamanahan, kebenaran, dan keberanian sebagai landasan etika dalam segala aktivitas mereka,” bebernya. Pendekatan ini, sebut Prof Rahman Rahim bukan hanya sekadar mencetak lulusan yang cerdas secara akademik, tetapi juga menciptakan individu yang memiliki kepribadian kuat, integritas tinggi, serta kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

Semetara itu hikmah maulid yang dibawakan ustaz Salahuddin Rahman Al-Ayyubi menekankan pentingnya mencontoh sifa-sifat Nabi Muhammad S.A.W sebagai seorang fathonah, amanah, siddiq serta tabligh.

Hadir dalam maulid ini adalah Manajer Pembelajaran dan Ujian, Dra Kusmala Dewi, Manajer Marketing dan Registrasi, I Made Gunawan Sanjaya, ST, Kepala Subbagian Tata Usaha, Safruddin dan seluruh pegawai dan staf UT Makassar. (nas)

News Feed