English English Indonesian Indonesian
oleh

Anies Miliki Tingkat Interaksi Paling Tinggi di Media Sosial X, Ketua Relawan Bilang Begini

MAKASSAR, FAJAR — Anies Baswedan disebut sebagai salah satu bakal calon presiden (bacapres) yang ramai diperbincangkan di dunia maya. Khususnya di media sosial X, memiliki tingkat interaksi paling tinggi.

Hal itu berdasarkan temuan dari hasil riset yang dilakukan Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) di platform media sosial X pada Juli hingga Agustus 2023.

Manajer Riset CfDS Agung Tri Nugraha mengatakan, data dikumpulkan dari 59.155 posts. Mencakup berbagai macam cuitan, komentar, dan interaksi yang terkait dengan pemilihan presiden dan isu-isu politik terkini.

“Untuk interaksi paling tinggi dalam postingan dan komentar di media sosial X ada pada kluster audiens Anies Baswedan. Dari pendalaman SNA utamanya top modularity classes, kluster audiens Anies yang didominasi oleh akun @aniesbaswedan, @pdemokrat, dan @bachrumachmadi, menciptakan klaster dengan interaksi yang paling aktif dengan persentase 12,28 persen,” kata Agung dalam rilisnya, Kamis, 28 September 2023.

Menanggapi temuan itu, Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), Muhammad Ramli Rahim, mengatakan hasil riset tersebut menunjukkan bahwa Anies Baswedan sebagai bacapres diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Bisa kita lihat hasilnya bertolak belakangan dengan hasil survei kebanyakan, menunjukkan bahwa Anies Baswedan diterima dengan baik oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurut Ramli, sambutan baik itu tentunya bukan hanya di media sosial sebagaimana temuan hasil riset CfDS UGM. Secara nyatanya juga demikian.

News Feed