English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelajar Putri di Pulau Terima Tablet Zat Besi, Antisipasi Anemia

FAJAR, PANGKEP– Antisipasi kondisi kekurangan sel darah merah pada remaja putri. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pangkep melakukan pemberian tablet beruba zat besi untuk remaja putri yang duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), khususnya di wilayah pulau.

Itu dijelaskan Sekrataris Dinas Kesehatan Pangkep, Mansyur menjelaskan bahwa, pemberian tablet zat besi itu dilakukan agar kondisi kesehatan remaja putri tetap terjaga, terlebih lagi saat mengalami menstruasi tiap bulannya.

Apalagi katanya, anemia juga bisa terjadi pada masa remaja. Salah satu penyebabnya disebut karena remaja putri sudah mengalami menstruasi setiap bulannya sehingga mengakibatkan hilangnya banyak sel darah merah dalam tubuh yang mengakibatkan kekurangan zat besi.

“Kita ingin agar semua mendapat perhatian. Khususnya untuk tetap memastikan kondisi kesehatan anak-anak kita terjaga. Sehingga dengan pemberian tablet FE atau zat besi untuk menambah darah, ini dapat mencegah penyakit anemia pada remaja putri,” ungkapnya, Minggu (27/8/2023).

Dijelaskan lebih lanjut bahwa, pemberian tablet ini dilakukan langsung oleh Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di wilayah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

Bahkan katanya, demi meningkatkan pelayanan kepada remaja dan anak itu sudah disiapkan posyandu milenial di tiap kecamatan.

“Jadi sudah ada di tiap posyandu, itu namanya posyandu milenial. Jadi memang untuk pelayanan dan pemeriksaan terhadap remaja dan anak,” jelasnya.

Pertimbangan lain katanya, yang menjadi dasar dilakukannya pemberian tablet tersebut adalah setelah masa pernikahan agar bayinya sehat.

News Feed