English English Indonesian Indonesian
oleh

Kekeringan Melanda, Air Sumur Mulai Keruh, Warga Kesulitan Dapat Air Bersih

FAJAR, PANGKEP– Kekeringan melanda wilayah Kabupaten Pangkep. Air sumur yang menjadi harapan satu-satunya memperoleh air bersih pun mulai keruh. Warga terpaksa membeli air bersih.

Itu diungkap salah seorang warga Kelurahan Talaka, Kecamatan Ma’rang, Inisial RI kepada FAJAR. Ia mengatakan bahwa, warga di perkampungannya terpaksa membeli air bersih lantaran kekurangan air bersih sejak sebulan terakhir.

“Sudah sebulan kondisinya begini. Susah sekali air. Biasanya ambil di sumur. Tetapi sumur juga airnya mulai keruh. Jadi terpaksa beli air bersih,” ucapnya.

Tidak hanya itu, ia juga mengungkap bahwa pasien di Puskesmas Ma’rang pun terpaksa membawa air bersih lantaran di pusksesmas itu juga kehabisan stok air bersih.

“Bukan cuman di rumah. Puskesmas juga. Ada yang bawa air ke puskesmas, itu keluarga pasien yang dirawat. Karena memang kesulitan sekali air bersih,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Pangkep, Akbar menyampaikan bahwa, terjadinya kekeringan di sejumlah daerah disebabkan pengaruh debit air yang juga mengalami penurunan.

“Segera kita sampaikan ke unit yang ada disana, namun itu juga disebabkan pengaruh debit air di sumbernya yang terletak di Jatie sudah mengalami penurunan,” jelasnya, Senin (21/8/2023). (fit)

News Feed