English English Indonesian Indonesian
oleh

Puslitbang Unhas dan Idgai Sulselbar Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut di Santri Panti Asuhan Rabbani

FAJAR, MAKASSAR-Kegiatan pengabdian berupa Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak, kembali dilakukan Puslitbang Kesehatan LPPM Universitas Hasanuddin.

Bekerja sama dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (Idgai) SulSelBar dan Residen Prodi Kedokteran Gigi Anak Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini berlangsung, di Panti Asuhan Rabbani Minggu, 20 Agustus 2023.

Dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Muh. Harun Achmad, drg.,M.Kes.,Sp.KGA., KKA(K)., FSASS. Sebanyak 50 santri diberikan edukasi oleh Prof. Dr. drg. Sumintarti, M.S tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan gigi agar dapat diberikan rekomendasi tindakan lebih lanjut di fasilitas kesehatan.

Ketua Puslitbang kesehatan LPPM Unhas yang juga Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Sulselbar, Prof. Dr. Muh. Harun Achmad, drg.,M.Kes.,Sp.KGA., KKA(K)., FSASS mengatakan tngginya angka prevalensi kerusakan gigi anak di Indonesia, menjadi alasan utama perlunya perilaku pencegahan sejak dini.

“Upaya ini dimulai dari menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara dan waktu yang tepat. Membiasakan menyikat gigi dua kali sehari saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, adalah langkah kecil yang berdampak besar terhadap kebersihan gigi,” ucapnya.

Selain itu, santri juga dijelaskan jenis-jenis perawatan gigi yang dapat menjadi pilihan sesuai dengan keluhan dan indikasinya, seperti penambalan, pencabutan, penggunaan gigi tiruan dan alat orthodonsi.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi edukasi dan informasi kepada santri seputar dunia kedokteran gigi dan upaya-upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit gigi dan mulut sejak dini. (wis/*)

News Feed