English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemerdekaan UNM Lewat Semangat Gotong Royong

FAJAR, MAKASSAR–Hari Kemerdekaan RI tahun ini, bagi Universitas Negeri Makassar (UNM) diperingati dengan ragam kegiatan. Beragam momentum dilakukan untuk memperlihatkan semangat kemerdekaan.

Mulai dari dilakukan beragam lomba, hingga para civitas akademika mengikuti prosesi upacara Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan memakai baju adat Sulsel. Itu berlangsung di Pelataran Menara Pinisi UNM, Kamis (17/8/2023).

Rektor UNM, Prof Husain Syam bertindak sebagai pembina upacara mengenakan pakaian adat Bugis lengkap, baju jas tutup dengan songkok khas Bugis berwarna emas. Pada momen ini pria yang akrab disapa PHS ini mengatakan bahwa di UNM kemerdekaan digambarkan dengan semangat gotong royong ini.

Hal ini membuat UNM berhasil mencetak rekor dengan merekrut 544 ribu guru ASN dan PPPK. “Jumlah ini akan terus meningkat sampai tercapai target satu juta guru diangkat sebagai ASN PPPK,” ucapnya.

Prof Husain Syam juga mengaku bahwa, para guru besar UNM saat ini berjumlah 108 orang akan mendapatkan tambahan sebanyak 16 guru besar. “Perjuangan ini masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir,” sambungnya.

Hal ini juga kata dia, dilihat dari Pemerintah yang saat ini berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru. “Program seleksi guru ASN PPPK juga terus diselenggarakan dengan melibatkan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah,” tambahnya.(rls)

News Feed