English English Indonesian Indonesian
oleh

Prof Rahman Rahim: Mahasiswa Baru PTN-BH Universitas Terbuka Makassar Membludak Capai 3.140 Orang

FAJAR, MAKASSAR-Menjelang penutupan masa pendaftaran mahasiswa baru 16 Agustus 2023 kampus negeri Universitas Tebuka (UT) Makassar membludak mengalami lonjakan mahasiswa baru.

Sampai dengan Rabu pagi 2 Agustus 2023 pendaftar di Sulsel telah mencapai 3.140 orang sedangkan untuk skala nasional telah mencapai 220.000 mahasiswa baru.

Demikian ditegaskan Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM kepada media, Rabu 2 Agustus 2023.

Dijelaskan, para mahasiswa baru itu telah menyebar ke seluruh pelosok Sulsel dan trend penerimaan kampus negeri UT yang ke-45 itu termasuk luar biasa karena rupanya sosialisasi dan promosi secara meluas dan massif tentang UT baru dipahami dan dimengerti sehingga para calon mahasiswa langsung mendaftar ke UT.

Sebelumnya masih cukup banyak anggota masyarakat yang belum terlalu memahami dan mengerti kehadiran kampus negeri yang saat ini dipimpin oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.

Lewat promosi dan sosialisasi yang gencar menggunakan media macca dan media sosial ditambah dengan kunjungan langsung kepada masyarakat memperkenalkan UT maka kesan masyarakat berubah dan penerimaan kepada kampus ini cukup tinggi.

Sarana lain yang digunakan UT untuk lebih mendekatkan dan memperkenalkan UT pada masyarakat Sulsel dengan memberdayakan dam memaksimalkan peran dan fungsi Pokjar UT yang hadir di kabupaten dan kota se-Sulsel.

Selain itu Sentra Layanan UT (SALUT), juga hadir untuk lebih memudahkan masyarakat yang akan kuliah di UT. SALUT ini hadir di Bone, Wajo, Gowa, Jeneponto, Maros, Pangkep, Pare-Pare dan Palopo.

UT Makassar mentargetkan akan mencapai 10.000 tambah 1 mahasiswa yang melakukan transaksi akademik. Angka pencapaian itu dengan melibatkan seluruh stakholder akan dengan mudah dicapai.

Keterlibatan para alumni UT yang menyebar berkarier pada instansi pemerintah dan swasta juga menjadi salah satu unsur yang mengembangkan almamamaternya dengan mengajar warga di sekitarnya mendaftar kuliah di UT.

Selain itu pelibatan para tutor yang selama ini menjadi mitra juga menjadi salah satu unsur yang memberi dukungan dan pengembangan kampous negeri ini di Sulsel, katanya.

Prodi UT

Saat ini UT mengelola 41 program studi dengan jenjang Diploma ada dua program studi yakni; D4 Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi serta D3 Administrasi Pajak, kedua prodi itu telah meraih akredirasi A dari BAN-PT.

Fakultas Ekonomi dengan enam program studi S1 yakni; Ekonomi Pembangunan akreditasi A dari BAN-PT; Ekonomi Syariah (B); Manajemen (A); Akuntansi (A)Akuntansi Keuangan Publik (B), Pariwisata (Terakreditasi).

Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengelola 9 prodi S1 yakni; Ilmu Administrasi Publik akreditasi A dari BAN-PT. Ilmu Pemerintahan (B), Ilmu Administrasi Negara (A), Ilmu Komunikasi (B), Sosiologi (A), Ilmu Administrasi Bisnis (A), Sastra Inggeris Bidang Minat Penerjemahan (B), Ilmu Perpustakaan (B), Ilmu Hukum (A).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 11 Prodi S1 yakni; Pendidikan Bahasa dab Sastra Indonesia terakreditasi nilai B dari BAN-PT, Pendidikan Bahasa Inggeris (B), Pendidikan Biologi (B), Pendidikan Fisika (B), Pendidikan Kimia (B), Pendidikan Matematika (B), Pendidikan Ekonomi (B), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (B), Teknologi Pendidikan (C), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (B), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (B).

Fakultas Sains dan Teknologi dengan 7 prodi S1 yakni; Statiska dengan akreditasi B dari BAN-PT, Matematika (A), Biologi (B), Teknologi Pangan (B), Agribisnis (B), Perencanaan Wilayah dan Kota (B), Sistem Informasi (Terakreditasi).

Program Pascasarjana dengan program magister S2 sebanyak tujuh prodi pilihan yakni, Ilmu Administrasi dengan akreditasi B dari BAN-PT, Manajemen (B), Ilmu Kelautan (B), Pendidikan Matematika (B), Pendidikan Dasar (B), Pendidikan Bahasa Inggeris (B), Lingkungan (B).

Program Doktor (S3), dengan dua pilihan Doktor Ilmu Manajemen dan Doktor Administrasi Publik. (*)

News Feed