English English Indonesian Indonesian
oleh

KPU Harap Makassar Keluar Zona Merah Pemilu

FAJAR, MAKASSAR-Pembukaan dan Pawai Kirab Pemilu 2024 sukses digelar dengan dihadiri ribuan peserta. KPU optimis Pemilu 2024 keluar dari zona merah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, Faridl Wajdi mengatakan, Kota Makassar selalu masuk zona merah Indeks Kerawanan Pemilu dari Bawaslu.

“Rekor kita selalu merah, artinya Makassar selau ada di zona siaga. Saya yakin sistuasi hari ini memberikan gambaran di 2024, kita akan menyelenggarakan pemilu dalam banyak kegembiraan,” kata Faridl saat memberikan sambutan di pembukaan Kirab Pemilu 2024, di Anjungan Pantai Losari, Kamis, 20 Juli.

Faridl mengatakan, tidak semua kota menjadi tempat persinggahan iring-iringan pemilu 2024. Sehingga menurutnya, ini sebuah kembanggaan Makassar menjadi salah satu yang dilintasi.

Kirab Pemilu ini kata dia menjadi tanda pesta demokrasi telah semakin dekat. Dengan harapan menjadi pesta rakyat yang digelar dengan kegembiraan.”Kirab Pemilu tahun 2024 di Kota Makassar memegang peranan yang strategis, utamanya dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 dengan penuh sukacita,” katanya.

Penanggungjawab Kirab Pemilu 2024 di Makassar, Endang Sari mengatakan, Kirab Pemilu 2024 sudah tiba di Kota Makassar. Kegiatan akbar ini direncanakan akan mengililingi Indonesia sampai 14 Februari 2024 mendatang.

Kirab Pemilu ini untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi pada 2024 mendatang. “Kirab Pemilu adalah sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilu 2024. Kirab ini bersama penyelanggara pemilu, Bawaslu dan KPU,” ujarnya.

“Harapan kami ini ialah menyampaikan pesan awal bagi masyarakat, bahwa sebagai penyelenggara Pemilu kita siap melaksanakan pemilu,” sambungnya.

Endang melanjutkan, pelaksanaan kirab akan berlangsung lama. Sebab ada sosialisasi dan pendidikan pemilih serta kegiatan kepemiluan lainnya, termasuk pentas seni bebas ekspresi.

“Untuk komunitas nelayan, sentra disabilitas, pemilih pemula di SMA. Basis pemilih perempuan yang menjadi basis terbesar DPT dan basis-basis pemilih yang lain,” paparnya. (mum)

News Feed