English English Indonesian Indonesian
oleh

Dian Aditya Wakili Makassar Raih Beasiswa THS

FAJAR, MAKASSAR — Toeti Heraty Scholarship (THS) yang merupakan kolaborasi antara Yayasan Toeti Heraty Roosseno (YTHR) bersama Yayasan Jurnal Perempuan (YJP) mengadakan launching sekaligus pemberian beasiswa, Kamis, 13 Juli 2023.

Launching tersebut mengundang sepuluh penerima Toety Heraty Scholarship 2023. Dua di antaranya berasal dari Indonesia bagian timur.

Yakni Dian Aditya Ning Lestari dari Makassar, dan Merlinda Santina Ximenes dari Papua.

THS merupakan program beasiswa dan wacana feminis untuk pemberdayaan perempuan dalam Bidang Filsafat dan Studi Gender di Indonesia. Program ini memiliki sumber pendanaan dari YTHR.

“Saya sangat bangga menerima beasiswa ini dan berharap dapat menjadi perwakilan yang baik bagi Makassar untuk mencapai kesetaraan gender,” ujar Dian Aditya, Jumat, 14 Juli 2023.

Sementara Merlinda mengatakan, pendidikan merupakan hak semua perempuan. Sudah semestinya didukung dengan program seperti Toeti Heraty Scholarship.

Acara ini dibarengi dengan diskusi publik bertajuk Pendidikan Tinggi Perempuan dan Penguatan Aktivisme Feminis. Dihadiri oleh Direktur Eksekutif YJP Dr Abby Gina Boang Manalu, Ketua YTHR Migni Noerhadi, dan Pengawas YJP Dr Darwin Cyril Noerhadi.

Turut hadir Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof Dr Sulistyowati Irianto sebagai pembicara.

Pendaftaran beasiswa THS ini berlangsung selama 8 Februari 2023 lalu sampai 8 Maret 2023. Diawali seleksi administrasi, seleksi berkas, dan wawancara.

Proses seleksi melibatkan para ahli yakni Prof Gadis Arivia Effendi, Dr Karlina Supelli, Prof Sulistyowati Irianto, Prof Musdah Mulia, MA, dan Dr Abby Gina Boang Manalu.

News Feed