English English Indonesian Indonesian
oleh

Tiga Hari MPLS, Siswa Baru SMP Telkom Makassar Belajar Jadi Content Creator hingga Jauhi Narkoba

FAJAR, MAKASSAR — Siswa-siswa baru SMP Telkom Makassar menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama tiga hari, 10-12 Juli 2023.

Selain mengenal lingkungan sekolah, siswa baru juga mendapatkan beragam materi kekinian. Materi yang dihadirkan pun dibawakan langsung oleh orang yang profesional di bidangnya.

“Tujuan dasar kita ingin memperkenalkan seperti apa lingkungan sekolah, seperti intra kurikuler, ko-kurikuler, dan ekstra kurikuler,” ucap Pembina OSIS SMP Telkom Makassar, Husni, Selasa, 11 Juli 2023.

Ia menyebut ada 16 ekstrakurikuler yang menjadi pilihan untuk diikuti siswa baru nantinya. Di antaranya, basket, futsal, anggar, KIR, bulutangkis, tahfiz, desain grafis, dan lainnya. Selain itu, untuk kegiatan ko-kurikuler bisa dilakukan dengan mengunjungi museum, dan bank sampah.

“Tahun ini kita menerima 256 siswa baru. Mereka terbagi dalam delapan kelas,” urai Guru Bahasa Inggris ini.

Husni memastikan, tidak ada perpeloncoan yang dialami oleh siswa baru. Sebab semua belajar saling menghargai dan menghormati, tanpa ada kekerasan fisik maupun verbal.

“Kakak kelasnya justru merangkul adik-adiknya. Memberikan contoh dengan cara menunjukkan langsung. Misalnya bagaimana menghormati guru dengan mencium tangannya, dan lainnya,” tegas Husni.

Ketua OSIS SMP Telkom Makassar, Fathiyah Zahirah menambahkan, tahun ini MPLS mengangkat tema “Let’s Get Started…!”.

Siswi yang akrab disapa Fazza itu mengartikan tema MPLS sebagai start pertama dari seluruh siswa baru SMP Telkom Makassar dalam menimba ilmu. Serta mengandung falsafah saat pertama kali siswa menginjakkan kakinya di SMP Telkom, maka saat itu juga harus sudah siap untuk mewujudkan mimpinya dengan menimba beragam ilmu.

News Feed