English English Indonesian Indonesian
oleh

Porkot Siap Digelar di Tiga Titik

FAJAR, MAKASSAR-Pekan Olahraga Kota (Porkot) VIII Makassar sudah siap digelar. Event yang mempertandingkan 27 cabang olahraga ini sudah dilaunching di Mal Ratu Indah, Sabtu, 8 Juli 2023.

Sesuai rencana, perhelatan Porkot akan dimulai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar, 22 September hingga 30 September. Selain 27 cabang olahraga, juga ada 10 cabang olahraga eksibisi, dan delapan cabang olahraga expo.

Ketua KONI Kota Makassar, Ahmad Susanto mengatakan, Porkot ke-VIII akan diikuti 2.000-an atlet. Mereka akan mewakili 15 kecamatan. Seluruh atlet akan memperkuat kecamatan yang menjadi tempat domisilinya.

Selama pelaksanaan, kata dia, akan terpusat di tiga titik. Pertama, Anjungan Pantai Losari. Lalu, Fort Rotterdam, dan Lapangan Karebosi. ” Venue sesuai cabang olahraga,” paparnya di hadapan wartawan usai press conference.

Ia berharap, melalui Porkot akan lahir atlet-atlet muda potensial yang dapat mengharumkan nama Kota Makassar di level nasional dan internasional. Sekaligus menjadi wadah positif bagi pemuda di Kota Makassar.

“Sesuai tema Porkot, ‘Cetak Juara, Makassar untuk Bangsa’. Nantinya para juara dapat mewakili Makassar di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel 2026 di Kabupaten Wajo,” tambahnya.

Semarak Porkot Makassar VIII 2023 ditandai melalui acara Starting Champions, talkshow, edukasi, dan hiburan serta launching maskot dan mars Forkot di Mal Ratu Indah (MaRI) Makassar, Sabtu, 8 Juli.

Sekadar diketahui, beberapa rangkaian Porkot VIII di antaranya, kirab obor yang dilakukan di kecamatan se-Kota Makassar. Kecamatan Biringkanaya akan mengawalinya pada pertengahan Juli ini. Adapun Kecamatan Ujungpandang akan menjadi penutup sekaligus menggelar pembukaan Porkot Makassar VIII 2023, September mendatang.

Sebelumnya, KONI Kota Makassar telah menyeleksi Duta Forkot VIII Makassar 2023.. Dari 36 finalis telah dipilih tiga orang putra dan tiga putri. (wid-cah)

News Feed