English English Indonesian Indonesian
oleh

Wakil Bupati Pangkep Terima 399 Mahasiswa KKN Unhas

FAJAR, MAKASSAR-Wakil Bupati Pangkajene dan Kepulauan, Syahban Sammana beserta para Camat, Lurah, dan Kepala Desa menerima kedatangan 399 mahasiswa dari Universitas Hasanuddin (Unhas) yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Pangkep.

Acara tersebut diadakan di Ruang Pola Kabupaten Pangkep. Rencananya, mahasiswa KKN akan ditempatkan di 11 dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Pangkep. KKN Gelombang 110 ini akan fokus pada pengembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni), pengembangan desa wisata, pengolahan hasil ikan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dr Andi Amri, selaku penanggung jawab KKN di wilayah Pangkep menyatakan, 399 mahasiswa akan melaksanakan KKN mulai tanggal 5 Juli hingga 20 Agustus 2023. Ia menyampaikan harapannya, mahasiswa tersebut dapat belajar dan mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Pangkep selama 45 hari ke depan.

Andi Amri, yang juga merupakan dosen di Fakultas Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FIKP) Unhas, menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam memberikan kontribusi yang berdaya guna bagi masyarakat.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati sekaligus Ketua IKA Unhas Kab. Pangkep dalam acara penerimaan peserta KKN Unhas. Bupati kata dia, sedang berada di luar daerah untuk menerima penghargaan dari pemerintah pusat.

Syahban menyambut kehadiran mahasiswa Unhas dengan sukacita atas nama Bupati dan Ketua IKA Unhas Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Ia berharap agar para mahasiswa dapat berbaur dan beradaptasi dengan baik di lingkungan yang masih baru bagi mereka, terutama bagi yang ditempatkan di pulau-pulau dan daerah pegunungan.

Wakil Bupati menekankan pentingnya kerjasama dan keterlibatan yang baik antara mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah desa dalam pelaksanaan KKN. Mulai dari pengumpulan data dan informasi, analisis situasi, identifikasi masalah, perumusan program dan perencanaan kerja, hingga pelaksanaan dan evaluasi, semua tahapan KKN harus melibatkan semua pihak dengan baik.

Syahban berharap hasil dari KKN ini dapat memberikan wawasan dan masukan berharga bagi pemerintah daerah dalam upaya membenahi dan menyelesaikan masalah yang ada. Ia mengucapkan selamat datang kepada para peserta KKN dari Universitas Hasanuddin dan berharap mereka dapat memberikan dukungan yang baik kepada mahasiswa selama menjalankan KKN di Kabupaten Pangkep.

Setelah acara penerimaan, Kepala Kecamatan, Kepala Kelurahan, dan Kepala Desa yang menjadi lokasi KKN para mahasiswa akan mengantar mereka ke tempat tugas masing-masing dan posko yang telah disiapkan untuk aktivitas KKN. Bapak Syahban berpesan kepada para camat, lurah, dan kepala desa yang hadir agar mendukung dan bekerja sama dengan baik dalam mendukung mahasiswa selama menjalankan KKN.

Sebanyak 399 peserta KKN Unhas Gelombang 110 ini akan ditempatkan di Kecamatan Mandalle, Segeri, Marrang, Labakkang, Bungoro, Pangkajene, Minasatene, Balocci, dan Tondong Tallasa di daratan, sementara di wilayah kepulauan, mereka akan ditempatkan di Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara dan Liukang Tupabiring. Jadi, secara total, terdapat 11 kecamatan yang akan menjadi lokasi KKN para mahasiswa.(*)

News Feed