English English Indonesian Indonesian
oleh

Workshop KKN di Universitas Lambung Mangkurat, Hasrullah Berbagi Pengalaman

FAJAR, MAKASSAR-Workshop Kuliah Kerja Nyata – Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Lambung Mangkurat Tahun 2023, dengan tema “Transformasi Kuliah Kerja Nyata (KKN): Penguatan Kemandirian Masyarakat dalam Konteks Kewirausahaan,” telah sukses dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 9 hingga 10 Juni 2023. Acara ini berlangsung di Gedung Kuliah, Gedung Utama Universitas Lambung Mangkurat.

Workshop ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta, termasuk Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. Ahmad, SE. M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. dr. Iwan Aflani, M.Kes, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muhammad Rusmin Nuryadin, SE. M.Si, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Humas, Dr. Ir. Yusuf Azis, M.Sc, serta 11 Dekan Fakultas dan 11 Wakil Dekan Bidang Akademik dari Universitas Lambung Mangkurat. Turut hadir juga seluruh Ketua Program Studi S1 di lingkungan universitas. Penyelenggara KKN MBKM ULM juga ikut serta dalam acara ini, termasuk Ketua LPPM, Prof. Dr. Ir. Danang Biyatmoko, M.Si, Sekretaris LP3, DR. Arief Sholahudin, M.Pd, Koordinator MBKM, Prof. Dr. Suratno, M.Pd, dan PIC MBKM ULM.

Workshop KKN – MBKM ULM Tahun 2023 mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Rektor Universitas Lambung Mangkurat. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa KKN MBKM di Universitas Lambung Mangkurat harus dilaksanakan dengan dukungan penuh dari seluruh elemen di lingkungan universitas serta dukungan penuh dari Kepala Provinsi dan Kepala Pemerintah Daerah di Kabupaten dan Kotamadya di seluruh Kalimantan Selatan.

KKN MBKM merupakan bentuk KKN yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Dengan bekerja sama dengan masyarakat, mahasiswa dapat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah yang ada, sehingga diharapkan dapat mengembangkan potensi desa/daerah dan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi. Melalui kegiatan KKNT, diharapkan mahasiswa dapat mengasah softskill, membangun kemitraan, bekerja dalam tim lintas disiplin, dan memperoleh kepemimpinan dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Narasumber pada acara ini adalah Dr. Harullah, MA, seorang dosen di Universitas Hasanuddin Makassar. Ia menjabat sebagai Kepala UPT KKN MBKM Universitas Hasanuddin kala itu dan memiliki pengalaman selama 10 tahun sebagai pelopor kegiatan KKN di Unhas.

Keberhasilannya membawa kegiatan KKN Unhas tidak hanya dalam skala nasional, tetapi juga internasional. Pada workshop KKN MBKM kali ini, Harullah berbagi pengalaman dan pengetahuan yang dapat menginspirasi manajemen KKN MBM ULM untuk melaksanakan kegiatan serupa, sehingga dapat memperkuat keberadaan ULM di Kalimantan Selatan dan wilayah Indonesia secara umum.
Ia harapkan melalui kerja sama internasional, pelaksanaan KKN MBKM dapat terus berkembang lebih maju. Ia berharap agar Workshop KKN MBKM ini memberikan hasil yang baik. KKN tematik MBKM merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, sebagai upaya menerapkan ilmu dan hasil penelitian di bidang IPTEKS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelaksanaan KKN adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, KKN tematik MBKM juga harus dilaksanakan secara ilmiah, sistematik, sinergis, dan profesional. (*)

News Feed