English English Indonesian Indonesian
oleh

Di Depan Orang Tua, Muzayyin Teteskan Air Mata

Acara wisuda santri SPIDI (SMP dan SMA) dan SADIK (PAUD, SD, dan TK) tahun ajaran 2022-2023 pun mendapat kejutan. Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) datang khusus pada hajatan di Theatre Room, Lantai 3 Gedung Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) itu.

JK memberi motivasi kepada para alumni SPIDI dan SADIQ. Ia terlebih dahulu mengajak bersyukur karena mereka lulus dari sekolah yang memadukan ilmu dunia dan ilmu agama.


“Itu bekal yang sempurna menuju masa depan serta dunia dan akhirat yang lebih baik,” ujarnya.

JK juga mengutip kalimat Albert Einstein. “Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh. Ada juga hadis tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Jadi kalau ke Maros, dekat,” seloroh pria asal Bone itu.

SPIDI dan SADIQ memang berada dalam naungan Pesantren Darul Istiqamah yang kantor pusatnya ada di Maccopa, Maros.

Pada momen itu, JK juga bertemu sahabat lamanya, KH Arif Marzuki, Ketua Dewan Pembina Pesantren Darul Istiqamah. Mereka berpelukan erat. Kiai Arif juga memberi cendera mata kepada JK.

“Anak-anakku sekalian harus bersyukur. Wisuda dihadiri orang-orang terhormat. Orang-orang baik yang dicintai. Tidak berlebihan kalau saya menyebut Pak JK ini ada di hatiku dan saya ada di hatinya. Dia sahabat yang saya cintai,” ungkap putra KH Marzuki Hasan, pendiri Pesantren Darul Istiqamah, itu.

Acara wisuda itu juga dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso hingga Rektor UNM, Profesor Husain Syam, dan para tokoh lainnya. Pangdam juga sempat memberi motivasi pendidikan kepada para wisudawan dan undangan.

News Feed