English English Indonesian Indonesian
oleh

Kapolrestabes Makassar Buat Rumah Singgah, Bina Anak-anak Tidak Sekolah

FAJAR, MAKASSAR-Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib terus berupaya dalam menekan angka kriminalitas melibatkan anak dan remaja di Makassar. Salah satu upayanya adalah membuat rumah singgah.

Rumah singgah tersebut dinamai Balla Barakah, bahasa Makassar yang berarti Rumah Berkah. Tempat ini sudah ada di beberapa kecamatan, yakni di Tamalate, Makassar dan Biringkanaya.

“Alhamdulillah balla barakah ini tempatnya disiapkan oleh warga, tepatnya masih satu (bangunan) dengan masjid. Tempat ini kita siapkan untuk pembinaan bagi anak-anak yang tidak sekolah,” ungkap Ngajib, Selasa, 16 Mei.

Sebagaimana, kata dia, setiap kali aksi tawuran atau pelaku kriminal yang diamankan polisi rata-rata adalah anak-anak dan remaja. Mereka yang terlibat itu rata-rata putus sekolah.

Makanya tujuan membuat Balla Barakah ini sebagai sarana atau wadah pendidikan bagi anak putus sekolah atau yang tidak sama sekali mengenyam dunia pendidikan di ruang kelas pada umumnya.

Salah satu Balla barakah yang dibuay berada di lantai 2 Masjid Haji Ibrahim di Jalan M. Tahir, kompleks Kumala Permai, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate. Di sekitarnya ada juga pos gabungan TNI Polri yang standby menjaga keamanan.

“Ada disiapkan tempat di belakang untuk pos, dalam rangka kita bersama-sama TNI Polri dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tamalate ini. Jadi kita bersinergi antara TNI Polri dan masyarakat,” katanya.

“Kemarin kan ada kejadian tawuran, tapi ini dengan harapan adanya pos, ada masjid dan balla barakah ini bisa membawa berkah, anak-anak dikumpul disini untuk dilakukan pembinaan, ada buku-buku juga,” sambung Kombes Ngajib.

News Feed