English English Indonesian Indonesian
oleh

Ismail Bahtiar: Gandeng Tokoh KTI, Bisa Jadi Kunci Pemenangan Pilpres 2024

FAJAR, MAKASSAR-Kontestasi Pilpres 2024 semakin hangat dibicarakan. Ismail Bahtiar politisi milenial PKS Sulsel punya pandangan khusus terkait hal tersebut. Ia mengatakan hingga sat ini ada tiga poros yang mengurucut, yakni Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Melihat tiga nama tersebut Ismail menepis wacana yang berkembang bahwa Jawa sentris akan menjadi kunci kemenangan Pilpres. Meskipun ketiga tokoh tersebut semuanya berdarah Jawa.

Dengan melihat hal tersebut, ia dapat mengatakan bahwa sesungguhnya kunci kemenangan di Pilpres 2024 adalah yang menggandeng tokoh kawasan Indonesia Timur. “Kita ada tokoh seperti Pak Syahrul Yasin Limpo, Andi Amran Sulaiman, Pak Sandiaga Uno dan beberapa tokoh lain,” ujarnya.

Bacaleg PKS DPR RI Dapil Sulsel 2 ini juga menjelaskan bahwa basis Anies, Prabowo, dan Ganjar semua terpusat di Jawa. Maka dari itu jika Cawapres nya juga berasal dari Jawa, kekuatan untuk menang Pilpres agak berat.

Kata dia perlu diketahui bahwa momen-momen politik nasional di Indonesia banyak juga dipengaruhi oleh tokoh dari kawasan Indonesia Timur.

“Contoh paling konkret adalah Pak Jusuf Kalla, beliau dua kali jadi Cawapres dengan Capres yang berbeda bisa memenangkan pertarungan Pilpres,” terangnya.

Anggota DPRD Susel itu menyampaikan bahwa Sulsel secara khusus dan Pulau Sulawesi secara umum tidak pernah kehabisan tokoh untuk dipinang sebagai Cawapres.

“Ketokohan SYL yang berkarir dari bawah dan sekarang menjadi Menteri Pertanian, apalagi yang diragukan. Pak Sandi dengan kemampuan beliau saat ini membenahi dunia pariwisata kita, termasuk Pak Andi Amran kan, beliau tokoh kawasan Indonesia Timur yang punya kemampuan leadership yang kuat bahkan beliau juga adalah mantan menteri pertanian RI,” tutur politisi berdarah Bone itu.

News Feed