English English Indonesian Indonesian
oleh

Stigma 6 Banjarmasin Ajang Adu Kreativitas Seni Peran Mahasiswa

FAJAR, MAKASSAR-Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) yang ke-6 akan segera digelar oleh Sanggar Titian Barantai (STB) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin. STIGMA ini dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 12 Agustus 2023.

Sebelum tampil di STIGMA, komunitas teater di seluruh Indonesia diminta untuk mengirimkan video pertunjukan mereka untuk proses kurasi. Terdapat 21 komunitas yang mengirimkan karya mereka. Dari jumlah tersebut, hanya 16 pementas yang akan dipilih dan diumumkan pada tanggal 29 Mei 2023.

Festival ini merupakan serangkaian acara yang menghadirkan mahasiswa dan para pekerja seni untuk menampilkan kreativitas mereka serta mengapresiasi seni peran melalui monolog. Festival ini diadakan dua tahun sekali yang kali pertama Festival ini dihelat tahun 2009 di Makassar oleh Teater Kampus Unhas.

Ketua Panitia STIGMA 6 Banjarmasin, Angga Triwahyudi, berharap STIGMA 6 Banjarmasin ini dapat menjadi ajang silaturahmi yang menyatukan beragam wajah dari seluruh nusantara, dengan cara mengekspresikan kreativitas dan mengapresiasi seni teater bagi individu, komunitas, serta masyarakat umum. Selain itu, kami juga berharap bahwa kegiatan STIGMA 6 Banjarmasin dapat menjadi media edukasi dan tolak ukur perkembangan seni teater di Indonesia.

Adapun peserta kurasi yaitu, Teater Sisi UMSU, Teater Gabi’91 Unsri, Teater Tiang Alit ITS, Teater Simultas Universitas Negeri Padang, Kosaster Siin Unasman, Teater Topeng Universitas Kristen Maranatha, Teater Hampa Indonesia Universitas Negeri Malang, Teater Titik Dua Universitas Negeri Makassar.

News Feed