English English Indonesian Indonesian
oleh

Pansel Calon Dewan Komisioner OJK Umumkan 45 Orang Lolos Seleksi Tahap I, Ada Pejabat dari Sulsel

FAJAR, MAKASSAR — Panitia Seleksi (pansel) meloloskan 45 kandidat calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satunya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan Causa Iman Karana.

Causa merupakan pejabat senior BI yang memiliki sederet pengalaman. Sebelum menjabat Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel, ia pernah menjabat posisi serupa di BI Bali. Pria yang akrab disapa Pak Cik itu juga pernah menjadi kepala Perwakilan BI Tokyo. Sebelum menjadi kepala BI, ayah tiga anak itu juga sudah lama menjadi Deputi Kepala BI Sulsel.

Selain Causa, Dwityapoetra Soeyasa Besar yang saat ini menjabat Staf Ahli Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) juga lolos seleksi tahap I. Pria yang akrab disapa Poetra itu juga pernah menjabat Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK), jumlah Dewan Komisioner OJK akan bertambah dari saat ini sebanyak sembilan orang.

Dua tambahan dewan komisioner OJK, yakni Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap Anggota Dewan Komisioner.

Kemudian Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto juga merangkap Anggota Dewan Komisioner.

“Yang lulus seleksi tahap I akan mengikuti seleksi tahap II (penilaian masukan dari masyarakat, rekam jejak, dan makalah),” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani yang juga menjabat sebagai ketua Pansel, Kamis (27/4/2023)

News Feed