English English Indonesian Indonesian
oleh

Sesaat Usai Dilantik, Legislator Baru Langsung Bidik AKD

BONE, FAJAR – Alat kelengkapan dewan (AKD) mulai dibahas. Pertarungan legislator belanjut.

Sebanyak 45 anggota DPRD terpilih di Bone dilantik, Senin, 12 Agustus 2024. Bustanil Arifin memegang jabatan ketua sementara untuk memimpin DPRD sampai pimpinan defenitif terbentuk.

Bustanil mengatakan pihaknya segera mengebut proses hingga jabatan pimpinan DPRD ini dipegang oleh pimpinan defenitif. Pihaknya akan bertindak sebagai pimpinan rapat dan membentuk fraksi.

“Jadi kita juga kawal tata tertib, kemudain mengawal sampai pimpinan defenitif. Jadi langkah awal kami adakan rapat, dan langsung adakan tatib yang baru, itu tugas utama, sambil tunggu teman-teman partai untuk membentuk masing-masing fraksi,” jelasnya.

Pihaknya juga akan segera berkoordinasi dengan kesekwanan dan menargetkan bimtek akan digelar dalam waktu dekat. “Jadi kita target setelah 17-san kita akan lakukan bimtek,” tandas Ketua DPC Gerindra Bone ini.

Sekretaris DPRD Bone Idrus mengatakan setelah pelantikan, selanjutnya akan memasuki proses pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Proses ini nantinya akan dilakukan oleh pimpinan defenitif.

Dimulai dari fraksi, lalu komisi. Selanjutnya banggar, bamus, dan Bapemperda. “Jadi ini sudah internal anggota dewan. Mungkin ada masukan dari ketua partai, seperti itu,” jelasnya.

Idrus melaporkan sebanyak 48 prolegda dirampungkan DPRD sebelummya. Tujuh insiatif DPRD, 99 keputusan DPRD, dan delapan keputusan pimpinan DPRD. (an/zuk)

Gerindra : 8 kursi
PKB : 7 kursi
Golkar : 6 kursi
PPP : 5 kursi
Demokrat : 4 kursi
NasDem : 4 kursi
PAN : 3 kursi

News Feed