English English Indonesian Indonesian
oleh

Prodi PGMI IAIN Bone Mengusung Roadmap Penelitian Menuju Prodi Unggul

BONE, FAJAR — Dalam rangka wujudkan Program Studi (Prodi) unggul dalam kompetensi, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Bone meluncurkan roadmap penelitian.

Peluncuran dihadiri mahasiswa, dosen, dan dekan fakultas tarbiyah pada, Senin, 7 Februari 2022.

Sekretaris Prodi PGMI, Andi Harpeni Dewantara menjelaskan, arah penelitian PGMI akan berfokus pada tiga tema. Yaitu keilmuan MI yang memuat delapan sub tema pembelajaran, keilmuan umum dengan dua sub tema, dan asesmen dengan empat subtema.

Sementara itu, Ketua Peneliti PGMI Kartianom menambahkan, untuk menunjang ketercapaian roadmap ini, prodi PGMI akan menyiapkan kelas intensif.

“Kami menyiapkan kelas intensif setiap minggu dengan materi yang telah disiapkan dalam kurikulum kelas intensif,” ungkap Kartianom yang juga merupakan Asesor BAN SM Nasional itu.

Dosen Prodi PGMI, Hasan menyebut, bahwa ketiga tema tersebut akan mengarahkan mahasiswa untuk memacu diri menambah pengetahuannya tentang karya tulis ilmiah. Sehingga mampu menghasilkan penelitian bermutu yang dapat memberikan kontribusi bagi peneliti dan objek yang teliti.

Terpisah, Dekan Fakultas Tarbiyah, Wardhana sangat mengapreasi langkah yang diambil oleh Prodi PGMI. Menurutnya PGMI merupakan Prodi pertama yang melakukan pembahasan roadmap penelitian.

“Ini sebuah kemajuan yang perlu diikuti oleh seluruh prodi, khususnya yang ada di tarbiyah agar kualitas penelitian skripsi mahasiswa kita semakin meningkat,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Prodi PGMI, Nirwana Rasyid bahwa para dosen yang ada di prodi PGMI berkomitmen untuk meningkatkan mutu penelitian mahasiswa dengan memberikan sosialisasi arah tujuan penelitian yang ingin dicapai.

News Feed