English English Indonesian Indonesian
oleh

3 Ribu Hektare Padi Siap Panen 4 Kali Setahun di Bone

BONE, FAJAR — Program Indeks Pertanaman (IP) 400 mulai digalakkan di Bone. Mulai tahun ini disiapkan 3 ribu hektare lebih bisa panen empat kali setahun.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kalau di Bone sebelumnya hanya tiga kali setahun. Maka melalui program IP 400 ini sudah bisa empat kali setahun.

“IP400 ini dalam satu tahun lahan-lahan bisa kita optimalkan dan tingkatkan produksinya. Dan Bone ini adalah salah satu pionir untuk mencapai empat kali panen setahun,” kata Syahrul saat kunjungan tanam perdana IP 400 di Desa Pakkasalo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Senin, 7 Februari 2022.

Syahrul menegaskan, program ini harus segera dilaksanakan. Sebab dalam sekali panen untuk 1.000 hektare saja bisa menghasilkan rata-rata Rp30-42 miliar.

“Rakyat harusnya bisa dapat penghasilan lebih. Masa mau disia-siakan. Jangan malas-malas,” ajak mantan Gubernur Sulsel dua periode itu memotivasi.

Untuk mencapai itu, kata Syahrul, diperlukan dukungan teknis dan variabel pelatihan. Serta budidaya pertanian yang harus ditingkatkan.

“Kementerian Pertanian siap membantu. Pak Presiden sampaikan sudah siapkan KUR sebagai modal awal untuk bisa digunakan oleh petani dan bunganya dibayarkan oleh pemerintah,” tegasnya.

Jika program IP 400 ini berhasil, Syahrul yakin, Indonesia tidak akan mengimpor 1 juta ton beras lagi dalam setahun. Bahkan Kabupaten Bone bisa dijadikan daerah lumbung pangan nasional.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle mengatakan, bahwa Bone siap mendukung optimalisasi produksi pertanian IP 400 ini. Seluas 3 ribu hektare lebih disiapkan untuk mewujudkan IP 400.

News Feed