English English Indonesian Indonesian
oleh

Atalanta Juara Liga Europa, Gasperini Puas Ukir Sejarah, Pelatih Leverkusen Xabi Alonso Akui Kekalahan

FAJAR, DUBLIN—Klub Italia, Atalanta menjadi kampiun Liga Europa 2023/2024. Di final hari ini, mereka mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 3-0.

Ademola Lookman menjadi pahlawan kemenangan La Dea, julukan Atalanta. Penyerang sayap Nigeria itu mencetak hattrick di menit ke-12, 26, dan 75.

Ini adalah gelar pertama Atalanta di Eropa dan menjadi trofi terbesar dalam sejarah klub Bergamo itu. Makanya, sang pelatih, Gian Piero Gasperini sangat bahagia dan puas.

“Saya pikir kami menulis sejarah, juga atas cara kami memenangkannya. Sungguh luar biasa. Kami mengalahkan Liverpool dan Sporting, yang memenangkan kejuaraan” kata gasperini di situs UEFA.

“Saat kami menghadapi Liverpool, mereka menjadi yang pertama di Liga Premier. Dan sekarang juara Jerman. Luar biasa! Penampilan mereka luar biasa,” lanjutnya.

Sementara Pelatih Leverkusen, Xabi Alonso mengakui kekalahan anak asuhnya. Ia menyebut Atalanta memang pantas menang dan juara di Dublin Arena.

“Mereka adalah tim yang lebih baik. Ini adalah konsekuensi dari hal hebat yang telah dilakukan Gasperini. Atalanta sangat berani. Mereka tidak keberatan berada dalam situasi satu lawan satu,” kata Alonso di situs UEFA.

“Saat kami memiliki sedikit peluang untuk berlari, mereka bertahan dengan sangat baik. Mereka telah melakukannya selama bertahun-tahun. Mereka adalah tim yang spesial. Biasanya kami mendapatkan posisi yang lebih baik dengan permainan kami, tetapi hari ini kami tidak bisa melakukannya,” lanjutnya. (amr)

News Feed