English English Indonesian Indonesian
oleh

Kiprah Suaib Mansyur: Awali Karier Birokrat ke Wabup Lutra, Kini Bidik Kursi Bupati

FAJAR, LUTRA-Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansyur, secara resmi menyatakan dirinya maju sebagai calon bupati Luwu Utara pada Pilkada November 2024. Kepastian ini dia peroleh setelah mendaftar di Partai Demokrat Luwu Utara pada Rabu, 24 April.

Menurut Suaib, dia memutuskan maju sebagai calon bupati Luwu Utara setelah Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, tidak dapat lagi maju karena terhambat oleh regulasi. “Ibu bupati sudah dua periode. Makanya, kekosongan jabatan ini menjadi pertimbangan bagi saya untuk maju sebagai calon bupati Luwu Utara,” kata Suaib kepada FAJAR.

Dia juga menyatakan bahwa kaderisasi di pemerintahan terus berjalan, dan dia tidak ingin ada kekosongan jabatan setelah ditinggalkan oleh petahana. Pengalaman empat tahun menjabat sebagai wakil bupati mendampingi Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menjadi modal besar baginya. Pengalaman ini memberinya keyakinan untuk melanjutkan kepemimpinan yang telah dijalankan oleh Bupati Indah Putri Indriani.

Suaib juga memiliki pengalaman yang cukup dalam birokrasi. Sebelumnya, dia pernah menduduki jabatan strategis, seperti asisten dua Luwu Utara, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Luwu Utara, dan Kepala Dinas PUPR sebelum mendampingi Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani sebagai wakil bupati. Pengalaman ini dinilai sangat berharga dalam menjalankan tugas sebagai bupati.

“Saya sudah bulat untuk maju sebagai calon bupati. Makanya, saya mendaftar sebagai calon bupati di Partai Demokrat Luwu Utara,” tambahnya. Selain itu, dia juga akan mendaftar di sejumlah partai politik lain yang membuka pendaftaran, termasuk PDIP yang memiliki satu kursi di wilayah tersebut.

Ketika ditanya siapa yang akan mendampinginya di Pilkada Luwu Utara, Suaib hanya menyatakan bahwa saat ini masih dalam tahap pemetaan. Dia akan mempertimbangkan secara matang siapa yang memiliki potensi untuk mendampinginya, dengan syarat bahwa pendampingnya merupakan tokoh masyarakat yang memiliki basis pendukung yang kuat. (shd/*)

News Feed