English English Indonesian Indonesian
oleh

Konsistensi Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis Travel Randa Azzahra

MAKASSAR, FAJAR — Menjaga nama baik dan kepercayaan pelanggan menjadi hal yang utama dalam menjalankan bisnis. Apalagi jika bisnis tersebut berkaitan dengan layanan jasa.

Hal tersebut diterapkan oleh Owner Travel Randa Azzahra, Andi Rahman Pagunai dalam menjalankan bisnisnya sehingga bisa bertahan hingga saat ini.

Andi Rahman menceritakan bahwa ia memulai bisnisnya sejak 2011. Bisnis tersebut dimulai dengan penuh tantangan.

Kata dia, niat tersebut muncul sebab istrinya yang memang memliki background pekerjaan di penerbangan, yang pernah bekerja di dua maskapai ternama.

“Saya menyatukan niat dan memutuskan untuk membuat usaha ini mulai dari 2011 lalu,” tuturnya, Senin, 22 April 2024.

Rahman menceritakan, bahwa bisnis awal yang dirintisnya adalah usaha penjualan tiket offline. Namun seiring berjalannya waktu, usaha tersebut mulai tegerus dengan munculnya penjualan secara online.

Bersama sang istri, Andi Nurmaeda Mustari, ia kembali membuka usaha pelayanan wisata domestik dan mengembangkannya ke perjalanan umrah.

Lelaki kelahiran Jambi ini mengatakan, dalam membangun bisnisnya tidaklah mudah. Ia harus jatuh bangun dan bisnisnya mengalami maju mundur.

“Kadang kita rugi. Kalau ada suatu hal yang kurang bisa kita talangi, ditalangi saja. Dari pada nama baik kita tidak terjaga. Jadi kami sangat konsisten untuk itu. Kita sangat menjaga untuk tidak dibilangi bicara dua kali,” sambungnya.

Rahman mengaku beberapa kali pernah hampir menyerah. Tetapi selalu ada yang memotivasinya untuk terus berbuat dan melanjutkan usaha.

News Feed