English English Indonesian Indonesian
oleh

Gandeng Puskesmas Mattiro Bulu, Rutan Pinrang Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Massal

FAJAR, PINRANG — Sambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pinrang menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal bagi pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bertempat di Aula Serbaguna Rutan Pinrang, Jumat, 19 April.

Kegiatan dilaksanakan dengan menggandeng petugas medis dari Puskesmas Mattiro Bulu yang terdiri atas dokter umum, dokter gigi, apoteker, perawat, dan analis kesehatan.

Perawat Poliklinik Rutan Pinrang, Sri Wahyudiningsih, menjelaskan, layanan kesehatan yang diberikan kepada warga binaan adalah pemeriksaan umum dan pemeriksaan gigi. Layanan kesehatan umum diberikan oleh dr St Saimah dan kesehatan gigi diperiksa oleh drg Maryam.

“Adapun tahapan layanan yang diberikan kepada petugas dan Warga Binaan adalah diawali dengan registrasi, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut dan tekanan darah oleh perawat. Selanjutnya, pemeriksaan rapid test darah (GDS cholesterol dan asam urat) oleh petugas laboratorium,” jelas Sri Wahyudiningsih, perawat lulusan Universitas Hasanuddin ini.

Kemudian dilanjutkan, sambung Sri, konsultasi dengan dokter umum, juga tak kalah penting, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gigi. Terakhir pemberian obat sesuai resep dokter oleh apoteker.

Sri juga mengimbau kepada Warga Binaan agar jujur menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami selama di rutan.

“Kami hadirkan dokter umum dan gigi, silakan dikonsultasikan kesehatannya secara jujur, ada keluhan sampaikan, jangan terlanjur para sakitnya baru bilang kepada petugas, itu dapat membahayakan diri sendiri,” imbau Sri.

News Feed