English English Indonesian Indonesian
oleh

Banjir Bandang Terjang Tiga Kecamatan di Palopo

FAJAR, PALOPO- Banjir bandang kembali rendam tiga kecamatan di kota Palopo, banjir yang di sebabkan oleh luapan sungai lattupa setelah hujan lebat mengguyur.

Salah satu Kelurahan yang terdampak banjir adalah Amassangan, Kecamatan Wara, Kota Palopo Kamis, 28 Maret 2024, Pukul 22:00 Wita.

Pantaun FAJAR di kelurahan Amassangan, Kecamatan Wara, banjir setinggi pinggang orang dewasa tersebut merendam ratusan rumah warga, dan berangsur surut, sejumlah warga terlihat membersihkan rumahnya.

Dandim 1403 Palopo Letkol Arm Kabit Bintoro Priyambodo mengatakan, saat ini warga tengah membersihkan rumahnya akibat tergenang air luapan sungai, pihaknya juga telah menerjunkan sejumlah personil TNI Kodim 1403 Palopo dari Koramil Wara, untuk membantu warga yang terdampak bajir.

“Kedepan kita berharap agar banjir bisa di atasi artinya, dengan normalisasi dan pembersihan dari hulu, kalau saya lihat banjir ini membawa sampah berupa potongan batang pohon,” akunya

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Palopo Asrul Sani mengatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada kadis PUPR kota Palopo untuk membuat master plant secara menyeluruh seperti apa dan bagaimana cara menyelesaikan banjir ini karena debit airnya sangat tinggi.

“Ini material yang dibawa air rata-rata batang pohon, kemungkinan ada pembalakan diatas ini juga yang harus diselesaikan. Insyaallah besok pagi saya dan beberpa instansi akan ke atas untuk meninjau langsung,” katanya

Asrul menambahkan selama bulan ini sudah tiga kali terjadi banjir, ia mengaku akan fokus untuk melakukan penanganan banjir, sementara pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan normalisasi sungai.

News Feed