English English Indonesian Indonesian
oleh

Jagung Bakar dengan Saus Mayones

FAJAR, MAKASSAR—Saat ini hidangan jagung bakar sudah banyak dikreasikan. Sebut saja yang viral dan kini di gemari masyarakat utamanya generasi Z, yakni jagung bakar yang dibentuk seperti tulang iga.

Masakan ini disebut sebagai corn ribs. Selain bentuknya yang unik seperti tulang iga, corn ribs memiliki cita rasa yang berbeda dari bumbu jagung bakar pada umumnya. Di Makassar bisa ditemukan di The Foreight Jl Dr Sutomo.

Ketika menikmati corn ribs ini, sensasi mengenyangkan juga didapatkan. Apalagi dinikmati hangat-hangat. Penanggung Jawab kafe, Angga mengatakan jika yang membuat jagung ini berbeda dari penyajiannya. Bentuknya distrip menyerupai tulang iga.

“Sehingga cara menikmatinya, seperti memakan daging sapi pada tulang,” ucapnya.

Selain itu daya tariknya kata Angga, terletak pada bumbunya. Jagung dibumbui campuran bumbu kering terlebih dahulu, dipanggang, dan diolesi campuran saus mayones.

“Bumbunya bisa pedes, bisa manis. Bagi pecinta manis bisa memilih bumbu asam manis. Sedang yang pecinta pedas bisa memakai bumbu BBQ sambal balado,” ucapnya.

Dosen Gizi Universitas Muslim Indonesia (UMI), Dr. Een Kurnaesih, SKM.MKes mengatakan Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat. Tak hanya itu, jagung mudah diolah menjadi berbagai jenis panganan lezat.

“Nutrisi dalam jagung antara lain serat, vitamin, mineral, dan antioksidan,” tuturnya.

Sebut saja kandungan nutrisi dalam 100 gram jagung kuning rebus, Kalori: 96 Air: 73 persen Protein: 3,4 gram Karbohidrat: 21 gram Gula: 4,5 gram Serat: 2,4 gram Lemak: 1,5 gram.(wis/lin)

News Feed