English English Indonesian Indonesian
oleh

Gerindra Turunkan Takhta Golkar dari Ketua DPRD Bone

FAJAR, BONE-Gerindra berhasil mendepak Golkar dari takhta di ketua DPRD Bone. Dominasinya terhenti di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Golkar yang mendominasi kursi di DPRD Bone dua pileg sebelumnya. Pada 2014-2019, Golkar mencatat 15 kursi dan 2019-2024 sebanyak 9 kursi, namun kursi

makin menurun menjadi 6 kursi pada 2024. Gerindra dipastikan mencapai 8 kursi setelah dua pileg sebelumnya hanya 5 kursi.

Gerindra mendominasi di Dapil IV dengan meraih 3 kursi yang sebelumnya dikuasai Golkar dalam hal ini Ketua DPRD Bone Irwandi Burhan.

Sekretaris DPC Gerindra Bone, Syam Nur mengatakan, target itu sedikit melenceng dari prediksi, khususnya Dapil IV yang sebelumnya hanya ditarget 2 kursi. “Jadi kita mendapat posisi ketua DPRD, ada delapan kursi untuk Gerindra, kita dapat tiga kursi di Dapil IV,” ujarnya.

Hal ini disebut menjadi modal yang kuat untuk kontestasi Pilkada Bone. Selain berjaya di kabupaten, Gerindra juga cukup progresif di Dapil II RI dan Dapil VII

Sulsel, masing-masing mendapatkan dua kursi. “Kalau dilihat hasil penghitungan sementara, insyaallah kita juga kunci kursi,” ujarnya.

Rupanya kejayaan Gerindra pada Pileg 2024 ini cukup terbantu dengan para pendatang baru, bahkan rata-rata peraih suara tertinggi pada seluruh tingkatan pileg

didominasi pendatang Baru. Dapil DPRD Sulsel, ada Yasir Mahmud dan Andi Tenri Abeng, hingga Kabupaten di Dapil V dengan suara tertinggi, yakni Andi

Tenri Walinono dan Dapil I Andi Muhammad Yusuf. “Beberapa tokoh yang masuk ke Gerindra, yang betul-betul bertarung sesuai dengan kemampuannya masing-masing,” jelasnya.

News Feed