English English Indonesian Indonesian
oleh

Penguatan Karakter Andikpas LPKA Maros, Dosen Unhas Dekati dengan Pendekatan Sastra

FAJAR, MAROS-Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Maros mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Menulis Sastra pada Rabu, 6 Maret 2024. Tim pelatihan dipimpin oleh Dosen Departemen Sastra Indonesia Universitas Hasanuddin, Inriati Lewa, bersama anggota tim, Syahwan Alfianto Amir. Hadir juga pemateri dalam pelatihan, Ilham Wasi, Redaktur Fajar yang memberikan motivasi kepada Andikpas untuk menulis.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana Anak LPKA, Maros, Mustafa, menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap Andikpas dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan sastra ini, menjadikannya bekal berharga setelah melewati masa pembinaan.

“Kami harap ilmu yang didapatkan mereka dapat amalkan,” ujarnya.

Dalam LPKA Maros, terdapat 74 narapida anak dengan berbagai kasus. Fasilitas di LPKA Maros dinilai sangat memadai, termasuk ruangan, tempat program pembinaan pembelajaran, perpustakaan, klinik, dan dapur yang sangat higienis.

Pelatihan dan Bimbingan Menulis Sastra di LPKA Maros lebih fokus pada pembangunan karakter pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan melalui sastra.

Inriati Lewa menekankan pentingnya memiliki karakter yang kuat, dan pelatihan ini memberikan pemahaman karakter melalui sudut pandang sastra.

Dalam pembukaan materi, ketua tim memberikan kiat-kiat menulis, seperti memiliki motivasi, kemampuan, dan pengetahuan. Sastra dijelaskan sebagai ekspresi emosi manusia melalui tulisan atau lisan, dengan setiap karya memiliki keunikan dan mampu menggambarkan isi hati pengarang.

News Feed