English English Indonesian Indonesian
oleh

Proker Mahasiswa KKN UINAM Harus Bernapaskan Islam

FAJAR, MAKASSAR—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 74 Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) sudah mulai menjalankan program kerja (proker). Pihak kampus menuntut mahasiswa membuat proker yang mampu mengajarkan keislaman.

Seperti yang dilakukan mahasiswa KKN yang ditempatkan di Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang, mereka membuat festival dengan tiga item lomba yaitu Adzan, Tartil Al-Qur’an dan fesyen show busana muslim.

Lalu mahasiswa KKN di Kecamatan Banggae Timur, Majene, Sulbar. Mereka menggelar Festival Anak Saleh lomba Adzan dirangkaikan dengan sosialisasi Donor Darah.

Sementara di Desa Mallusesalo, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo menyalurkan bantuan perlengkapan pelajar bagi anak saleh yang pandai mengaji di SD Negeri 81 Mallusesalo dan SD Negeri 79 Mallusesalo.

Sekretaris LPM UIN Alauddin Makassar, Irwan mengaku punya harapan besar agar kerja-kerja mahasiswa KKN di setiap Kelurahan dapat berkolaborasi baik dengan masyarakat. “Kami berharap melalui proker yang dapat berkontribusi sehingga menimbulkan efek yang akan selalu dikenang oleh masyarakat,” tuturnya.

Mahasiswa KKN Angkatan 74 sekaligus Koordinator Desa Mallusesalo Wajo, Muhammad Saputra menuturkan ada 17 pelajar dari kedua SD tersebut yang menerima bantuan sesuai dengan kebetuhan yang mereka sampaikan saat survei.

Sebut saja seperti seragam sekolah, sepatu, tas, buku, pulpen, dan pensil. “Semoga program ini memberikan kontribusi besar dalam memperkuat akses pendidikan bagi anak-anak yang membutuhkan, dan mendorong semangat belajar mereka,” harap mahasiswa jurusan Ekonomi Islam ini. (wis/lin)

News Feed