English English Indonesian Indonesian
oleh

Kabar Gembira bagi Petani, Anggaran Pupuk Subsidi Naik Dua Kali Lipat Tahun Ini

Menjelang Ramadan, Jerry juga menambahkan akan memastikan ketersediaan beras aman. Tak hanya itu, harga beras pun akan diupayakan turun jelang Ramadan.

“Sudah disampaikan berkali-kali bahwa ketersediaan beras aman. Itu yang paling penting dan kita jaga terus, khususnya menjelang puasa dan lebaran. Kita menjaga ini terus kondusif dan ketersediaan aman,” tegas Jerry.

Atensi Presiden

Kemarin Presiden Joko Widodo mengundang menteri-menterinya untuk membahas terkait beras pada rapat terbatas. Seusai rapat, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan bahwa harga beras mungkin akan turun. Ini karena di beberapa lokasi sudah panen padi. Sehingga harga gabah yang semula Rp 8000 sampai Rp 8600 perkilo akan turun.

“Hari ini (kemarin) turun ke Rp 7.600 bahkan ada yang angkanya sudah di bawah Rp 7000. Seperti di Sumsel,” ucapnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) pun mengungkap jumlah kab/kota yang mengalami kenaikan harga beras terus bertambah. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menjelaskan, Pada minggu ketiga Februari 2024, ada 179 kab/kota yang mengalami kenaikan harga beras dengan rata-rata harga mencapai Rp 15.246 per kg.

’’Jumlah kab/kota itu melonjak hingga pada minggu keempat Februari ada 268 kab/kota yang mengalami kenaikan harga beras dengan rata-rata harga mencapai Rp 15.387 per kg,’’ jelas dia pada kesempatan yang sama.

Arief menegaskan bahwa harga gabah ini begitu mempengaruhi harga beras. Bisa diprediksi harga beras adalah dua kali harga beras.

News Feed