English English Indonesian Indonesian
oleh

Kabar Gembira bagi Petani, Anggaran Pupuk Subsidi Naik Dua Kali Lipat Tahun Ini

JAKARTA, FAJAR–Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan ada kabar baik untuk petani. Dalam rapat terbatas kemarin telah diputuskan anggaran pupuk subsidi dinaikan. Anggaran 2024 adalah 4,7 juta ton akan naik menjadi 9,55 juta ton. 
“Insyaallah petani tidak usah lagi risau dan khawatir tentang pupuk,” ungkap Amran usai ratas bersama presiden di Istana, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Pemerintah juga memberikan diskon pupuk untuk yang tidak bersubsidi. Ini akan kerja sama dengan Kementerian BUMN. Selanjutnya ada kemudahan pinjaman kredit usaha untuk petani dengan Kartu Tani.
Bagi yang tinggal di daerah pegunungan dan sulit akses, maka bisa menggunakan KTP untuk melakukan pinjaman.

Selain itu, pada Maret nanti diprediksi aka nada panen raya. Ada 1 juta hektar lahan yang sudah ditanam padi sejak Desember. “Artinya apa produksinya itu 3,5 juta ton,” ucap Amran. Stok ini dinilai akan mengamankan beras tanah air.

Di lain pihak, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengakui bahwa harga beras mengalami kenaikan akhir-akhir ini. Dia juga mengatakan Kemendag akan mengupayakan menurunkan harga beras tersebut serta menjaga ketersediaan tetap aman.
”Kami setiap hari ngecek beras, tidak hanya beras, tapi juga bahan pokok lain,” ujar Jerry.

Untuk menstabilkan kembali harga beras, sambung Jerry, Kemendag akan menjalin kerja sama bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas), Perum Bulog, dan seluruh kementerian/lembaga.

”Bukan hanya dari Kementerian Perdagangan, tapi juga dari Bapanas, BULOG, dan seluruh kementerian lembaga, instansi, tidak hanya di pusat, tapi di daerah, kita selalu memastikan harga stabil dan ketersediaan aman,” urainya.

News Feed