English English Indonesian Indonesian
oleh

Tak Hanya di Pelosok, Jalan Rusak Parah Juga Terjadi di Dalam Kota

PALOPO, FAJAR–Tak hanya di pelosok, di kota pun masih banyak jalanan rusak parah. Salah satunya di Jalan Islamic Center, Kota Palopo.

Aspal terlepas dan berlubang sangat membahayakan pengguna jalan. Salah satu jalan rusak di depan Puskesmas Wara Selatan. Semua pengguna jalan terlihat sangat berhati-hati saat melintas.

Sejumlah dump truk bermuatan berat juga melintas di jalan ini. Para pengendara roda dua pun terlihat berusaha menghindari jalan rusak tersebut.

Seorang warga Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Ina (34) mengatakan, jalan itu sudah cukup lama rusak. Dia yang sehari-hari berjualan di sekitar Islamic Center, menjadi saksi kerusakan itu.

Jalanan memang pernah ditambal oleh pemerintah, tetapi rusak kembali saat hujan. Kala hujan deras, jalan rusak tidak terlihat karena tertutup air. Pengedara sangat sering terperosok di jalan berlubang.

“Pernah ada baru-baru berapa bulan ini ada mobil molen yang tutup pakai campur semen, tapi karena sering hujan jadi terkikis-kikis, jadi rusak kembali,” kata Ina, kemarin.

Dia berharap Pemerintah Kota Palopo memperhatikan jalan yang yang rusak itu. Perbaikan diperlukan agar pengguna jalan merasa aman dan tidak membahayakan para pengendara.

Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palopo Harianto mengatakan sudah sering kali pemkot memperbaiki jalan itu melalui swakelola dan swadaya dari mitra rekanan yang sementara kerja. Hanya saja memang tingkat kepadatan LHR (lalu lintas harian rata-rata), diakumulasi dengan beban tonase yang melintas di ruas jalam tersebut.

News Feed