English English Indonesian Indonesian
oleh

BTN Wujudkan Mimpi Miliki Rumah Impian, Bikin Tenang Masa Tua

“Untuk data tahun 2023 saja, ada 44.133 unit rumah terdaftar di Sistem Sikumbang BP Tapera. Adapun anggaran yang dialokasikan, kami ditarget untuk tahun 2024 ini minimal sekitar Rp380 miliar. Itu untuk penyaluran KPR, baik subsidi dan non subsidi,” urainya.

74 Tahun, BTN Biayai 5,2 Juta Unit Rumah
Tahun ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) tepat berusia 74 tahun. BTN tetap setia mengemban amanah melakukan pembiayaan perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Selama 74 tahun, BTN mencatatkan diri telah membiayai sebanyak 5,2 juta unit rumah. Sekitar 4,05 juta unit rumah di antaranya dinikmati oleh MBR melalui fasilitas KPR subsidi.

“BTN telah membuktikan posisinya sebagai bank yang paling banyak menyalurkan pembiayaan untuk MBR. Kami merupakan mitra pemerintah yang aktif dalam mensejahterakan rakyat dari sisi papan atau kepemilikan rumah,” ujar Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu, dalam keterangan resminya, Jumat, 9 Februari 2024.

HUT ke-74 BTN kali ini mengusung tema “Berperan Membangun Peradaban dan Memajukan Masa Depan Bangsa”. Nixon mengatakan, tema itu diambil karena dari rumah yang dibiayai BTN telah banyak lahir peradaban-peradaban dari keluarga-keluarga yang awalnya tergolong MBR, dalam beberapa tahun mendatang ekonominya sudah maju.

Dalam perjalanannya, Bank BTN terus melakukan elaborasi bisnis pembiayaannya. Yang sebelumnya hanya fokus pada pembiayaan rumah pertama, kini sudah melangkah lebih jauh dengan menerapkan strategi Beyond KPR pada dua tahun terakhir. Dengan strategi bisnis Beyond KPR, BTN menangkap potensi pembiayaan, melalui cross selling kepada nasabah captive, seperti Kredit Ringan Tanpa Agunan (KRING), Kredit Agunan Rumah (KAR), dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

News Feed