English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Sejumlah Proyek Strategis yang Diresmikan Presiden Jokowi di Makassar

FAJAR, MAKASSAR – Presiden Jokowi juga dijadwalkan meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari, di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar.

Menyambut hal itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meninjau langsung lokasi IPAL Losari, memastikan seluruh persiapan sudah matang. Mulai dari jalan sampai taman.”Ini paling canggih pengolahannya dan pertama di Kawasan Timur Indonesia (KTI),” ujarnya, Selasa (20/02/2024) dikutip dari Harian FAJAR.

Lebih lanjut Danny mengatakan, Presiden Jokowi tidak hanya meresmikan IPAL Losari. Akan tetapi, juga akan menyaksikan secara langsung penyerahan pengelolaan IPAL Losari dari Kementerian PUPR kepada Pemkot Makassar.

”Nanti selama di Makassar Pak Presiden juga akan meresmikan Makassar New Port (MNP) dan akses Jalan Tol MNP sepanjang 3 kilometer. Intinya, semua yang menjadi lokasi kunjungan bapak Presiden kita siap,” tuturnya.

Direktur IPAL Losari Aiman Adnan mengatakan, saat ini kapasitas produksi IPAL sudah mencapai 16 ribu kubik setiap hari. Itu untuk mencover pelanggan di lima kecamatan yang ada di Kota Makassar.

“Sekarang kami cover lima kecamatan, Tamalate, Mamajang, Makassar, Ujungpandang dan Mariso. Pelanggannya, kami targetkan 1.000 pelanggan di tahun pertama,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini pihaknya terus menggenjot pendataan calon pelanggan, untuk memenuhi target 1.000 user. Sebab, Dinas PU Kota Makassar juga kabarnya sudah menyiapkan anggaran untuk jaringan pipa ke rumah tangga.

“Kami sedang survei pelanggan, lalu PU yang eksekusi. Kan PU sudah siapkan anggaran untuk saluran pipa ke rumah tangga. Ini penting karena memang PSN, percepatan santitasi,” lanjutnya.

News Feed