English English Indonesian Indonesian
oleh

Ayam Tim Obat Tingkatkan Stamina

FAJAR, MAKASSAR- Sejak ribuan tahun yang lampau, masyarakat Tionghoa mempunyai tradisi positif dalam menjaga kesehatan. Rata-rata makanan di campurkan dengan ramuan herbal. Salah satunya yang terkenal adalah menu Ayam Tim obat.

Di Makassar bisa di temukan di Sunachi The Rinra. Menu ini menggunakan bahan utama ayam kampung. Kemudian untuk herbalnya seperti ginseng, baisan putih (kurma),dan kamcho (batang jeruk limau) juga harus ada.

Selain mengenyangkan, juga memiliki khasiat menyehatkan. Jika di tempat lain dibuat dengan kuah menyerupai sup, namun kali ini diolah dengan dikukus.

Pembuat Ayam Tim Obat, Shifu Chong Soon mengatakan menu ini memiliki khasiat dapat meningkatkan stamina, meningkatkan nafsu makan khususnya pada anak-anak. Serta menjaga daya tahan tubuh.

“Menu ini cocok dikonsumsi saat-saat sekarang, karena juga sebagai peningkat imun dengan cuaca pandemi,”tuturnya.

Untuk membuat menu ini, dibutuhkan durasi waktu yang cukup lama. Sekitar enam hingga tujuh jam. Pertama-tama; satu ekor ayam kampung bersama bahan-bahan sudah ditentukan. Setelah itu tuangkan air dan masukkan ke dalam wadah antipanas, dan kukus.

Menurut dia, yang membuat menu ini sehat, karena prosesnya dengan cara ayamnya di kukus, karena prosesnya yang lumayan lama.

Salah seorang Penikmat Ayam Tim Herbal, Christine angela mengakui jika sedang flu atau merasakan meriang, maka ia selalu mencari menu ayam tim herbal ini.

“Ini memang mengenyangkan dan juga menyehatkan karena ada campuran herbal
Pada menunya,” ucapnya.(wis/lin)

News Feed