English English Indonesian Indonesian
oleh

Landasan Bandara Arung Palakka Bakal Ditambah 2.500 m

FAJAR, BONE-Pemerintah balal menambah landasan pacu untuk bandara Arung Palakka Bone menjadi 2500 meter.

Rencana ini diungkapkan Pj Bupati Bone Andi Islamuddin. Lebih dahulu akan dilakukan pembebasan lahan di sekitar areal tersebut.

“Jadi akan diperpanjang runaway-nya menjadi 2500 m, jadi bagaimana ini mengkonektifitaskan bandara ini,” jelasnya.

Saat ini landasan pacu yang baru saja dinaikkan oleh Pemda dari 1100 meter mencapai 1400 m, untuk skala saat ini, pesawat yang bisa masuk hanya jenis ATR-72 atau pesawat yang hanya mampu menampung 72 penumpang.

Kenaikan menjadi 2500 meter otomatis akan membawa lebih banyak opsi untuk bandara menerima jenis pesawat yang lebih besar.

Anggarannya pembebasan lahannya sendiri kata Islamuddin, berasal dari APBD Pemprov Sulsel. Hanya saja soal anggarannya dirinya belum sesumbar.

Rencana ini sendiri didorong oleh pemerintah untuk mewujudkan konektifitas antara transportasi udara dan transportasi laut. Sebagaimana diketahui Pemerintah Provinsi juga akan membenahi kawasan Pelanuhan Bone Pattiro Bajo di tahun ini dengan anggaran Rp39 miliar dan akan disulap menjadi bandara peti kemas layaknya Makassar.

“Jadi bagaimana mengkonektivitaskan antara bandara dan pelabuhan secara karena hadir juga tahun ini melalui Dishub Sulsel untuk bangun pelabuhan,” sambungnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulel Bachtiar Baharuddin berambisi akan membawa orang-orang kaya masuk ke Bone. Kata dia kebanyakan dari kalangan konglomerat ini memiliki private jet. Hanya saja masih sulit masuk ke Bone lantaran landasan pacu kasih cukup pendek.

News Feed