English English Indonesian Indonesian
oleh

Gelar Caping Day, Bentuk Komitmen Siswa Sebelum Praktik di Berbagai Institusi Kesehatan

FAJAR, MAKASSAR — Sebelum memasuki masa praktik klinik di berbagai institusi Kesehatan di wilayah Makassar dan Maros, siswa siswi Program Keahlian Asisten Perawat dan Caregiver SMK Darussalam Makassar (Skadars) menggelar tradisi “Caping Day” bagi siswa-siswi kelas X Angkatan XVII yang dilaksanakan pada 31 Januari 2024, di Gedung Serbaguna SMK Darussalam.

Kepala SMK Darussalam, H Arifin, menyampaikan bahwa kegiatan Caping Day adalah upaya untuk menguatkan karakter perawat dan membangun komitmen sehingga jauh lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

“Seiring waktu, profesionalisme dalam kemajuan zaman saat ini sering melupakan budaya yang sebenarnya menguatkan profesionalisme itu. Maka dari itu kami mengusung tema profesionalisme yang menyelaraskan budaya dan kemajuan zaman,” ungkapnya.

Pengembang Dibidang Kurikulum, Nurmiah, mengungkapkan bahwa sikap profesi merupakan esensi dari tuntutan dunia kerja. “Kami percaya dengan menguatkan budaya maka pendidikan akan maju,” ujarnya.

Kepala Program Keahlian Asisten Perawat, Yuniaty, menyebutkan bahwa momen caping day merupakan ucap janji siswa perawat. “Termasuk di dalamnya adalah sumpah untuk merahasiakan kondisi kesehatan pasien kecuali diminta oleh pengadilan,” katanya.

Ketua Panitia, Kaspendi, memaparkan, kegiatan Caping Day merupakan rutinan setiap tahun untuk siswa siswi perawat. “Caping day adalah upaya untuk mengingatkan calon-calon perawat tentang sejarah penting profesi yang akan ditekuninya nanti,” urainya.

Zaid Buri Prahastyo yang sudah menjadi kordinator acara Caping Day selama lebih dari 10 tahun mengatakan bahwa prosesi caping day bagaikan opera, sarat akan simbol.

News Feed