English English Indonesian Indonesian
oleh

Mendongkrak APK Pendidikan Tinggi

Jika penurunan APK terus berlangsung, maka dikhawatirkan menurunnya kualitas SDM yang sangat diperlukan untuk membangun daya saing daerah. Dengan demkian, perlu upaya semua pemangku kepentingan mengatasi hal tersebut.

Asosiasi Badan Penyelenggara PTS Seluruh Indonesia (ABPPTSI) Sulsel dalam diskusi awal tahun bersama kepala LLDikti Wilayah IX, terungkap bahwa daya tampung PTS di Sulsel sangat memadai untuk menampung bahkan semua lulusan SLTA di perguruan tinggi, khususnya du PTS.

Di samping itu, fasilitas beasiswa KIP kuliah juga makin bertambah. Bahkan secara regulasi sudah memungkinkan perguruan tinggi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran campuran antara tatap muka dengan daring. Jadi untuk mendorong peningkatan APK sesungguhnya tinggal membutuhkan kesadaran para orang tua untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Perlu ada perubahan cara pandang terhadap tujuan pendidikan anak. Selama ini, ada pandangan bahwa kuliah itu hanya agar anak-anak cepat bekerja. Sehingga, ketika anak sudah dapat bekerja selepas SLTA, maka tidak perlu lagi kuliah.

Padahal esensi pendidikan tinggi adalah membentuk manusia paripurna yang dengan pendidikannya akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi diri dan lingkungannya. (*/zuk)

News Feed