English English Indonesian Indonesian
oleh

Tamsil dan Alhidayat Pimpin Elektabilitas Calon Senator Sulsel

FAJAR, MAKASSAR – Persaingan perebutan kursi Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Sulsel sangat ketat. 18 calon senator terus berburu simpati dan dukungan jelang 14 Februari 2024
.
Sejumlah lembaga survey telah merilis elektabilitas calon anggota DPD asal Sulsel yang berpeluang lolos ke senayan. Salah satunya adalah Lembaga Survei Paramater Indonesia (SPI).

Dalam survei terbarunya, SPI menempatkan Tamsil Linrung dan Al Hidayat Samsu sebagai calon senator asal Sulsel yang elektabilitasnya paling tinggi. Tamsil memimpin dengan 14,26 persen. Sementara Al Hidayat mengikuti di peringkat dua dengan 12,73 persen.

Peringkat ketiga ditempati Andi Maradang dan incumbent Andi Ihsan di posisi empat. Politisi PDI Perjuangan, Andi Yagkin Padjalangi, incumbent Lily Amelia Salurapa, politisi Golkar, Hatta Marakarma, dan Waris Halid juga masuk peringkat 10 besar. Elektabilitas Andi Ihsan 8,2 persen dan Lily Amelia 2,8 persen.

”Ini kondisi elektoral calon anggota DPD asal Sulsel. Angka ini tentu masih dinamis, apalagi pemilu masih ada beberapa pekan lagi. Di survei ini juga kelihatan masih ada swing voters 21 persen,” kata surveyor SPI, Muh Ilyas, Sabtu, 27 Januari.

Survei SPI ini dilakukan mulai tanggal 8 sampai 24 Januari 2024, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sekitar tiga persen. Menurut Ilyas, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan sampel 1.500 orang.

Ilyas mengatakan, pergerakan setiap calon akan memengaruhi tingkat elektabilitasnya. Calon yang intens turun ke lapangan menyapa pemilih diyakini akan memperoleh dukungan lebih banyak.

Yang mengejutkan, tren Al Hidayat Samsu. Pilitisi muda PDIP itu dianggap bisa bersaing dengan tiga incumbent DPD asal Sulsel. Performa positifnya selama menjadi anggota DPRD Makassar dianggap sebagai modal utama unruk meraih dukungan dan simpati masyarakat Sulsel.

”Di survei tergambar dukungan Hidayat tidak hanya di Makassar tempatnya berkiprah empat tahun terakhir ini. Anak muda ini juga mendapat simpati besar di beberapa daerah seperti Soppeng, Wajo, Maros, Pangkep, dan lainnya,” kata Ilyas.

Diketahui, Alhidayat merupakan anggota DPRD Kota Makassar termuda. Dia terpilih ketika usianya belum genap 23 tahun, tepatnya pada Mei 2019 lalu.

Pemilu 2024 ini, Hidayat ingin naik kelas dengan mengincar kursi DPD RI. Ia bersaing memperebutkan kuota empat kursi dengan 17 kandidat lainnya. Tiga dari 17 rivalnya itu petahana. Masing-masing Tamsil Linrung, Andi Muh Ihsan, dan Lily Amelia Salurapa. (wid)

News Feed