English English Indonesian Indonesian
oleh

Aktivitas Bongkar Muat Pelabuhan Makin Bergeliat

untuk mendukung konektivitas MNP dengan sejumlah kawasan industri (hinterland) di Sulsel pemerintah juga sudah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 3,21 km yang menghubungkan beberapa titik strategis, mulai dari arah Pelabuhan Makassar (Jalan Tol Seksi 1) dan dari arah Bandara Sultan Hasanuddin (Jalan Tol Seksi IV) menuju ke MNP. 

“Proyek Strategis Nasional ini menghabiskan biaya Rp705 miliar,” ujarnya. 

Pemerintah juga akan menyambungkan MNP dengan jalur kereta api Trans Sulawesi. Ruas pertama Trans Sulawesi, yakni Makassar-Parepare sejauh 142 km. 

“Jalur kereta api ini akan memangkas waktu tempuh dari tiga jam menjadi hanya separuhnya. Rencananya, trans Sulawesi akan merentang sampai Manado,” katanya. 

Kemudian dengan produktivitas yang makin besar, layanan yang makin cepat, dan standardisasi operasional, serta konektivitas yang jauh lebih baik, diharapkan biaya logistik akan terus menurun. 

“Pada 2022, biaya logistik nasional masih di posisi 14,29 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) 2022. Angka ini sudah lebih rendah dibandingkan 23,8 persen pada 2018, namun pemerintah mengejar target biaya logistik delapan persen pada 2045,” terangnya. (sae) 

News Feed