English English Indonesian Indonesian
oleh

Wilayah Polres Pelabuhan Makassar Nihil Tawuran Sepanjang 2023

MAKASSAR, FAJAR — Polres Pelabuhan Makassar mencatat, sepanjang tahun 2023 wilayah mereka nihil dari aksi tawuran. Prestasi tersebut merupakan capaian yang berhasil kembali diwujudkan seperti di tahun sebelumnya.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto mengatakan, capaian itu berhasil diwujudkan selama dua tahun ini berkat kesigapan personelnya dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

“Kenapa bisa nihil selama dua tahun ini. Karena kami kerjakan setiap bulan, dua hingga empat kali melaksanakan FGD agar kita tahu apa yang dibutuhkan terkait keamanan di masyarakat,” bebernya saat menggelar rilis akhir tahun di Mapolres Pelabuhan Makassar, Kamis, 28 Desember 2023.

Tidak hanya FGD. Pihaknya juga secara rutin menggelar jumat curhat hingga minggu kasih sebagai wujud kehadiran Polres Pelabuhan Makassar dalam menampung aspirasi maupun keluhan warga soal keamanan di masyarakat.

“Ditambah lagi, kami memang setiap bulan laksanakan bakti sosial sehingga warga lebih respect terhadap kepolisian, sehingga ketikan mereka ada permasalah, pasti langsung menghubungi kami,” beber dia.

“Dan terakhir, kebanyakan kasus yang tidak perlu diselesaikan di pengadilan, kami restorative justice, itu demi keadilan hukum di tengah-tengah masyarakat,” tukasnya.

Meski begitu, ditegaskan Yudi bahwa wilayah yang memang sebagian besar mecakup beberapa titik rawan di Makassar tidak luput dari aksi kriminal jalanan. Tahun ini ada satu kasus pembusuran yang ditangani pihaknya.

“Tawuran antara kelompok memang nihil, tapi ada satu kasus pembusuran, namun telah ditangani dengan baik,” terangnya.

News Feed