English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemilu 2024: Panwaslu Kecamatan Banggae Timur Buka Rekrutmen Pengawas TPS

FAJAR, MAJENE-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Banggae Timur telah mengumumkan pendaftaran terbuka untuk 99 calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pemilu 2024.

Ketua Panwaslu Kec. Banggae Timur, Abdurrakhman Aslam, menyampaikan persyaratan yang harus dipenuhi calon Pengawas TPS.

Calon Pengawas TPS diwajibkan menjadi Warga Negara Indonesia, berusia minimal 21 tahun, setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta memiliki integritas, kepribadian kuat, jujur, dan adil. Mereka juga harus memiliki kemampuan terkait penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu.

Syarat lain termasuk berpendidikan minimal sekolah menengah atas, berdomisili di kecamatan setempat, mampu secara jasmani dan rohani, serta tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

Calon Pengawas TPS juga diharuskan mengundurkan diri dari partai politik selama minimal 5 tahun dan tidak pernah dipidana penjara selama 5 tahun atau lebih.

Berkas pendaftaran mencakup surat pendaftaran, fotocopy KTP-el, pas foto, fotocopy ijazah pendidikan, dan daftar riwayat hidup. Pelamar diharuskan menyertakan surat pernyataan bermaterai yang mencakup komitmen terhadap nilai-nilai negara, kesehatan, tidak menjadi anggota partai politik, dan kesediaan untuk bekerja penuh waktu serta tidak menduduki jabatan politik selama masa keanggotaan.

Abdurrakhman Aslam berharap rekrutmen Pengawas TPS ini dapat berjalan lancar demi terwujudnya pemilu yang jujur, adil, dan transparan. Pelamar dapat melampirkan keterangan atau bukti lain yang mendukung kompetensi calon.

Formulir dapat diperoleh di sekretariat Panwascam Banggae Timur, Jalan Jendral Sudirman no. 128, Lembang, kantor kelurahan/desa setempat, atau dapat diunduh di https://s.id/1Z61w
Dokumen pendaftaran dapat diantar langsung ke Sekretariat Panwascam Banggae Timur atau via email di [email protected] dan seluruh proses pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya.

Waktu pendaftaran dan penerimaan berkas berlangsung dari 2 hingga 6 Januari 2024. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi nomor WhatsApp resmi Banggae Timur di +6281244059500. (*)

News Feed