English English Indonesian Indonesian
oleh

KPA Kalpataru SMAN 1 Makassar Paparkan Persiapan Susur Gua

FAJAR, MAKASSAR-Organisasi KPA Kalpataru SMAN 1 Makassar melakukan presentasi awal sebelum melakukan pengambilan divisi susur gua di Pedoman Rakyat, Rabu 20 Desember 2023.

Presentasi Awal ini dihadiri oleh  pengurus dan beberapa anggota KPA Kalpataru. 

“Dipresentasi awal ini, kami memaparkan rencana perjalanan yang akan kami jalani pada saat orientasi medan nanti. Rencana perjalanannya itu seperti alat-alat yang dibutuhkan, makanan yang dikonsumsi, latihan fisik, dan juga materi yang kami pelajari sebelum terjun ke lapangan,” kata April salah satu dari tim, Rabu (20/12/2023).

Ia juga mengatakan kegiatan ini sangat didukung oleh pembina KPA Kalpataru yang merupakan salah satu guru yang ada di SMA Negeri 1 Makassar, St. Ruqayah.

Tidak hanya itu, materi-materi yang akan mereka dapatkan untuk kegiatan susur gua tentunya tidak akan mudah untuk didapatkan. Materi-materinya ialah Introduksi Speleologi, Kode Etik Penelusuran Gua, Bahaya Penelusuran Gua, Peralatan dan Perlengkapan, Teknik Penelusuran Gua, Speleothem, Tali Temali, Single Rope Technique (SRT), Vertical Rescue, dan Mapping.

“Kita mulai kelas materinya, jadi ini kegiatan akan berjalan secara bertahap. Setelah materi juga kami akan melakukan latihan fisik, final check, setelah itu baru turun lapangan,” ungkapnya. (*)

News Feed