English English Indonesian Indonesian
oleh

Bank Sampah Binaan PNM Cabang Makassar Bakal Menjadi Pilot Project

MAKASSAR, FAJAR – Bank Sampah Unit Kreatif Pemuda milik Ahmad Akram Sudirman, yang menjadi binaan PNM Cabang Makassar, rencananya bakal dijadikan sebagai pilot project oleh pemerintah setempat.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Lurah Tidung, Andi Muhammad Kamil Yamil. Kata dia, bank sampah yang terletak di Jalan Pendidikan III Blok D6 Nomor 4 itu bisa menjadi titik awal untuk mewujudkan Makassar sebagai kota bersih.

”Kami sangat bersyukur PNM memberikan bantuan kepada bank sampah yang ada di wilayah kami. Kami tidak mau tinggal diam, segera jemput bola, rapat dengan RT/RW untuk uji coba dan mengajak seluruh warga ikut mereduksi sampah yang ada di sini,” ujarnya.

Kamil mengaku, jika uji coba di tingkat RT berhasil, maka akan dikembangkan ke tingkat yang lebih tinggi. ”Harapan kami, dari RT ini nanti bisa berkembang ke RW, bahkan bisa mencakup seluruh kelurahan yang ada di Kota Makassar,” imbuhnya.

Kemudian, Kamil berharap selain bisa mereduksi sampah yang ada di wilayahnya, sampah juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Sehingga, lewat daur ulang diharapkan warga bisa mendapat nilai ekonomis yang lebih.

”Limbah minyak ternyata bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak. Insyaallah semua sampah di sini bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata dia.

Kamil pun menegaskan, bank sampah milik Ahmad Akram bakal menjadi percontohan di Makassar. ”Selain mereduksi, karena TPA semakin over, kami berharap bank sampah ini bisa mengurangi kontribusi sampah kami. Insyaallah ini akan menjadi pilot project nanti,” ungkapnya.

News Feed